Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Steven Kaligis Ternyata Sudah Prediksi Kematiannya, Para Personel Coconut Treez Linglung Kehilangan Sang Vokalis

Jum'at, 18 Maret 2022 12:02 WIB
Steven Kaligis Ternyata Sudah Prediksi Kematiannya, Para Personel Coconut Treez Linglung Kehilangan Sang Vokalis
firasat Steven Kaligus sebelum meninggal dan tinggalkan Coconut Treez © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Diketahui Steven Nugraha Kaligis, vokalis grup band Steven & Coconut Treez meninggal dunia pada 22 Juni 2021 lalu setelah melawan sakit yang ia derita sejak tahun 2017. Tapi ternyata ada banyak hal yang tak diketahui banyak orang bagaimana kisah sebelum Steven Kaligis tutup usia.

Ada banyak fakta menarik di balik meninggalnya vokalis salah satu grup band reggae ternama tanah air yang kini sudah berganti menjadi Coconut Treez ini. Ternyata almarhum seperti sudah tahu dan sudah memprediksi kematiannya.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Bahas Soal Kematian

Gambar

Hal tersebut disampaikan oleh Tege, Gitaris Coconut Treez saat ditemui di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan belum lama ini. Kala itu Tege bercerita satu momen mendiang Steven sudah membicarakan soal kematiannya dan menitipkan band serta adiknya kepada Tege dan kedua personel lainnya.

"Ada, ada satu momen dia mau ngomong sama kita berempat. Lagi latihan nih padahal. Jadi gua ngobrol santai ngomong andai kata kalau umur dia udah nggak panjang, ya kita kaget tuh memang kita udah tau kondisi dia kan dari tahun 2017 udah sakit. Kali aja umur nggak panjang dia nitip band, dan adeknya," ungkap Tege.

2. Firasat Sebelum Meninggal

Gambar

Dalam kesempatan yang sama, sang bassis, Rival mengatakan awalnya mengira hal tersebut cuma sebatas obrolan. Ia mengatakan itu disampaikan mendiang Steven 3 bulan sebelum meninggal dunia.

"Mungkin kita selewatan doang, tapi mungkin dia udah berasa juga umurnya udah nggak lama nih karena sakit dan itu disampaikan tiga bulan sebelum meninggal," ucap Rival.

3. Para Personel Linglung

Gambar

Setelah itu, pasca meninggalnya Steven Kaligis, tentunya sangat membuat hati Rival, Tege, Aci dan seluruh penggemar Steven & Coconut Treez terpukul. Bahkan para personel sempat linglung dan ogah melanjutkan karir bermusik sebagai Coconut Treez.

"Linglung, main gitar males. Sampai sekarang aja dengerin cd yang dulu ini waduh gimana gitu. Tapi ya kita harus kuat biar gimana keadaannya tetap harus terusin amanatnya, terusin apa yang udah dia perjuangin gitu. Legacynya," ujar Tege.

"Awal-awal iya, sempat nggak tahu mau ngapain, gua malas main bas, tapi setelah seratus hari baru mau, jujur sampai sekarang. Kan gua sering banget manggung bareng betapa karisma beliau mempengaruhi emosi kita sebagai player. Kenapa Nirvana, Queen menghilang itu kan karena kehilangan sosok vokal, apa yang dirasakan player mereka sama kayak kita. Kayak ada yang kurang. Tapi berkat semuanya, kawan keluarga, Aci sama Tege yang semangat terus ya mau nggak mau ya ikutin alurnya. Kita ini sekarang lagi buat program buat kuatin bertiga gimana caranya tetap jalan dan move on," lanjut Rival, menimpali.

4. Kenang Mendiang Lewat Lagu

Gambar

Meski begitu, tetap saja bagi Tege rasa sedih karena kehilangan muncul kembali ketika mendengar atau memainkan lagu-lagu Steven & Coconut Treez terdahulu. Akan tetapi, bagi Tege dan kedua rekan bandnya karya mendiang Steven N Kaligis harus terus digaungkan.

"Sekarang kita dengerin CD dan main lagunya itu beda. Kayak gua kan sering ngamen di cafe ada aja yang request lagu Coconut Treez tapi nggak apa-apa karena emang kita nggak bisa menghindari karyanya kan emang harus selalu digaungin. Kita harus gaungin terus lagunya biar pun almarhum udah nggak ada tapi lagunya harus tetap," tutup Tege.

5. Cerita Perubahan Nama

Gambar

Ternyata banyak cerita sebelum Steven N Kaligis memutuskan untuk mengganti nama band yang telah membesarkan nama mereka menjadi Coconut Treez saja. Dilema besar dirasakan oleh para personel yakni Rival (bass), Tege (gitaris), dan Aci (Drummer), karena hal ini adalah keinginan dari mendiang vokalis, Steven N Kaligis.

Rival menceritakan banyak hal yang akan dilakukan oleh Coconut Treez pasca pergantian nama. Membuat album yang berbeda dari sebelumnya, dimana para personel diharuskan untuk menciptakan lagu adalah langkah pertama Coconut Treez.

"Ada beberapa pola yang kita ubah waktu itu dan almarhum juga bilang kita buat album, tapi di album itu masing-masih buat lagu karena sebelumnya hampir delapan puluh persen lagu almarhum Steven Kaligis yang ciptain dan yang aransemen juga. Biarpun pas rekaman aransemen bareng," ungkap Rival.

"Nah kita di situ yang barunya kita bikin dan aransemen sendiri juga. Kang Aci drumer yang jarang nyanyi bikim lagu, gua sama mas Tege juga bikin lagu. Yang menarik itu kita semakin deket ketika nama Coconut Treez itu kita tancapkan. Berasa dekat banget. Udah jadi cd nya," lanjut Rival.