Suami Dibilang Pengangguran, Rina Nose Pilih Tidak Berikan Jawaban yang Sebenarnya

Luthfia Miranda Putri   | Rabu, 15 April 2020 17:39 WIB
Suami Dibilang Pengangguran, Rina Nose Pilih Tidak Berikan Jawaban yang Sebenarnya
Josscy Aartsen - Rina Nose © Instagram/rinanose16

Kapanlagi.com - Kini Rina Nose tengah berbahagia menjalani harinya bersama sang suami, Josscy Aartsen. Ia pun mengaku kalau tahun ini merupakan momen pertamanya menjalani puasa bareng suami.

Saat ditanyakan perihal kabar sang suami, Rina Nose mengaku memiliki pandangan yang berbeda terhadap sebuah keluarga dan pernikahan. Baginya hal ini tak perlu di kotak-kotakkan sebagaimana yang dilakukan oleh masyarakat.

"Sebenernya kalo sih bukannya kesel. Tapi justru dengan adanya itu aku bisa kasih pandangan baru. karena stigma kita di masyarakat itu suami kerja, perempuan di rumah, perempuan ngurus anak, perempuan beres beres, masak, melayani suami, suami ngasih uang ke istri, udah. Itu udah stigma di kita," ucap Rina Nose saat ditemui di gedung Trans TV, Jakarta Selatan, Selasa (15/4).

1. Mengaku Pasrah

Lebih lanjut, Rina Nose mengatakan kalau pandangan tersebut memang sudah tidak bisa dilawan. Hal ini karena sudah biasa dilakukan oleh orang-orang di sekitarnya. Ia pun memaklumi saat ada yang suka menanyakan pekerjaan seseorang.

"Orangtuanya nanya 'ini kerjaan dia apa nih mau nikah? lo bisa ngasih anak gua apa'. Nah kaya gitu gitu, itu jadi hal yang akhirnya pernikahan itu menjadi momok yang menakutkan. Kalo kita belum kerja, kita belum siap, entar orangtuanya nggak nerima kita. Kebetulan ada orang orang komentar gitu, makanya sekalian aku kasih pandangan aku ke mereka," ucap Rina.

2. Tetap Tak Jawab Pekerjaan Suami

Hal ini pun semakin membuar Rina pasrah saat ditanyakan apa pekerjaan suaminya. Ia mengaku terkadang suami tak paham dengan pembicaraan orang Indonesia yang suak penasaran.

"Apa ya lebih berbagi pandangan aja. Awalnya dia nggak tau, dia nanya 'Ini maksudnya apa' dia tanya, aku bilang tentang itu, oh oke. Udah gitu aja gitu. Kalo dia kan kendala di bahasa indonesia kan, jadi ya udah aku aja," kata Rina.

"Nggak perlu dijawab juga (pekerjaan suami), mau punya bisnis, mau bekerja apa, ya udah. Sekarang kan work from home, semua orang di rumah tapi mereka bekerja. Jadi orang orang yang di rumah itu bukan berarti 'Oh pengangguran' pengangguran apa sih, kalo kita tanya pengangguran apa coba. Karena lo leha leha, nggak ngapa ngapain, rebahan terus nggak menghasilkan karya, nggak menghasilkan apa tapi kalo orang orang yang diem di rumah tapi mereka punya ide banyak, menghasilkan karya, meskipun secara fisik mereka nganggur tapi otaknya bekerja. Jadi ya udah, nggak perlu ada stigma stigma negatif orang orang yang diem di rumah," tambahnya.

3. Banyak Ide Baru

Sepanjang wawancara tersebut, Rina mengatakan kalau selama di rumah ia menjadi rajin membaca dan menemukan hal baru. Bahkan saat ini juga mencoba berbagai resep masakan.

"Baca buku, banyak hal hal baru, baca banyak artikel. Nonton video video untuk mencari inspirasi, karena mungkin orang orang yang punya jiwa seni, yang punya jiwa kritisnya kuat, ketika mereka membaca sesuatu atau nonton sesuatu itu pasti ada sesuatu yang dipikirkan," ucap Rina.

"Dari situ tuh akan muncul ide ide baru, ide ide apa, misalnya kayak tiba tiba gua nonton cara orang bikin tahu crispy gitu. Tapi gimana kalo kita bikin tempe crispy, kayaknya belum ada, kayak gitu gitu. Jadi ada aja ide ide baru," imbuhnya.

4. Hobi Memasak

Rina mengaku kalau ada banyak hal simple yang bisa dilakukan di rumah. Ia pun mengatakan kalau ia tak terlalu memaksa olahraga untuk mengisi waktu.

"Ya saya nggak pernah olahraga, haha. Abis makan tidur, haha. Sebenarnya apa ya, gitu gitu sih, olahraga semau maunya, kalo memang lagi pengen olahraga. Intinya pengen nikmatin aja udah. Jadi nggak terlalu harus 'gua harus olahraga biar gua sehat' yang penting ada kepikiran buat semuanya," tutupnya.

Reporter:   Fikri Alfi Rosyadi