Sudah Siapkan Kain Kafan, Dorce Gamalama Ngaku Tak Mau Pikirkan Duniawi

Rezka Aulia | Jum'at, 13 September 2019 18:30 WIB
Sudah Siapkan Kain Kafan, Dorce Gamalama Ngaku Tak Mau Pikirkan Duniawi

Kapanlagi.com - Dorce Gamalama kini sudah berusia 56 tahun. Diusianya yang kini memasuki kepala enam, baginya sudah cukup banyak bekal dari bintang film DORCE KETEMU JODOH tersebut untuk menghadap Sang Pencipta.

Selain bekal berupa amal ibadah yang cukup banyak, Dorce Gamalama pun mengaku sudah mempersiapkan kain kafan. Bahkan ia mengaku sudah membeli kain kafan tersebut saat kunjungannya ke Tanah Suci.

"Itu sudah lama. Itu memang dari sebelumnya saya sudah nyiapin kain kafan, saya punya kuburan, saya punya penutup jenazah. Itu saya siapkan untuk saya, memang yang sedikit baguslah, karena belinya di Mekkah, jadi saya jahit pakai benang emas. Cuma kalau kain kafan, itu saya enggak bisa bagi siapa-siapa kecuali saya dan anak saya," ungkap Dorce Gamalama saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019).

 

 

 

 

1 dari 2 halaman

1. Bikin Yayasan

Bikin Yayasan © KapanLagi.com/Irfan Kafril
Komedian kelahiran Solok, Sumatera Barat ini menolak saat disebut dirinya membeli kafan hingga kiswah (kain penutup ka'bah) untuk bisa menarik perhatian seseorang. Menurutnya, hal tersebut sangatlah tak masuk akal, lantaran masuk dalam kategori syirik.

Selain itu, dirinya kini mengaku memiliki sebuah yayasan dimana ia memfasilitasi orang tidak mampu untuk mendapatkan layanan mandi jenazah hingga penguburan secara gratis. Hal itu ia lakukan tak lebih dan tak kurang hanya untuk menambah pahalanya sebagai bekal di akhirat kelak.

2 dari 2 halaman

2. Tak Mau Pikirkan Dunia

"Ya enggak ada alasan, aku beli di Mekah, ya aku iseng-iseng di itu saja, banyak debu, aku celup pakai air zam-zam, tapi jangan jadi syirik, di jemur. Aku juga punya kiswah, tapi bukan untuk syirik, bukan untuk menarik orang sama kita, nggak ada. Kalau misalnya ada keluargaku, orang yang dekat, atau anak-anakku atau siapa yang lebih dulu ya aku pakaikan, nanti aku beli lagi," ujarnya.

"Memang aku punya yayasan, menyiapkan kain kafan, pemandian jenasah gratis, jadi setiap bulan aku memang ada sekitar 4-5 orang yang nggak mampu aku pakaikan, itu sudah termasuk penguburannya. Kalau aku sudah nggak mikirin dunia deh. Apalagi buat restoran, buka ini nggak ada. Jauh deh," tutup Dorce Gamalama.

 

(kpl/irf/rna)


Reporter:  

Irfan Kafril

↑