Sujiwo Tejo: Pekerja Wanita Sudah Ada Sejak Dulu

Anton | 15 April 2007, 16:21 WIB
Kapanlagi.com - Sujiwo Tejo tidak pernah merasa heran jika melihat wanita Indonesia bekerja.

"Tidak ada masalah dengan wanita Indonesia. Karena wanita bekerja dari dulu sudah ada," ujar dalang kondang asal Jember, Jawa Timur, tersebut.

Dalang yang biasa dipanggil Tejo dalam 'KabaretJo-Ketawa Bareng Sujiwo Tejo' yang digelar sebulan sekali di Vicky, Sianipar Music Center, Jakarta Selatan tersebut mengatakan, hanya orang kota yang suka ribut sendiri jika melihat ada perempuan yang melakukan pekerjaan di dunia laki-laki.

"Orang kota saja yang suka ribut, kalau lihat supir busway perempuan, lihat petugas pom bensin perempuan kaget, padahal di desa yang ngaspal jalan itu perempuan," ujar Sujiwo.

Dia mengatakan, sebenarnya dari dulu tugas perempuan sudah beragam sepeti memanjat pohon kelapa, menyabit rumput, menebang pohon. Sampai sekarangpun kegiatan itu masih dilakukan perempuan di beberapa daerah.

Sujiwo mengatakan, secara tradisional perempuan adalah bekerja. Jika masalahnya kenapa emansipasi jadi tuntutan, menurut Sujiwo, mungkin semua itu kuncinya dapat dilihat dari segi pendidikan.

'KabaretJo-Ketawa Bareng Sujiwo Tejo' akan mengusung tema perempuan khusus untuk merayakan Hari Kartini.

"Inikan masuk bulan April. Jadi temanya tentang perempuan yang harus maju tetapi tetap selangkah dibelakang laki-laki," jelas Tejo.

Tejo menambahkan, inti dari kabaretnya kali ini yakni perempuan harus mengalah atau laki-laki yang harus maju. "Jadi perempuan nggak perlu mengalah, karena laki-lakunya maju," ujar Sujiwo menjelaskan.

Selain itu, perempuan mempunyai sesuatu pertimbangan sendiri, emosi-emosi yang tidak dimiliki laki-laki yang tugasnya justru mendorong laki-laki untuk maju.

'KabaretJo' yang biasa digelar satu bulan sekali tersebut selalu memberikan suasana segar dan guyonan yang menghibur disela-sela topik serius yang berkembang di masyarakat.

Pada KabaretJo yang akan dipentaskan pada hari Rabu (18/4), di Vicky Sianipar Music Center, Jakarta Selatan, akan hadir sutradara sekaligus produser Nia Dinata. (*/bun)

Editor:  

Anton