Surat Terbuka Didi Riyadi untuk Jokowi, Tolak Perpanjangan PPKM dan Dapat Dukungan Teman-Teman Artis

Kamis, 15 Juli 2021 17:13 WIB
Surat Terbuka Didi Riyadi untuk Jokowi, Tolak Perpanjangan PPKM dan Dapat Dukungan Teman-Teman Artis
Didi Riyadi © instagram.com/didiriyadi_official

Kapanlagi.com - Saat ini publik sedang menyoroti wacana perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat hingga 6 minggu ke depan. Menuai pro dan kontra, rupanya hal ini juga memancing perhatian sederet selebriti tanah air termasuk Didi Riyadi.

Sekian lama bungkam, Didi Riyadi akhirnya memutuskan untuk membuat surat terbuka untuk pertama kalinya pada Presiden Jokowi. Hal itulah yang baru saja diunggahnya dalam postingan terbaru di Instagram pada Rabu (14/7) kemarin.

"Kepada yang terhormat Bapak Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Perkenankan saya menyampaikan surat terbuka pertama saya. Mohon maaf atas segala kekurangannya. Hidup NKRI @jokowi @luhut.pandjaitan @smindrawati @erickthohir @budigsadikin @gungunheryanto," tulisnya sebagai caption.

1. Surat Terbuka Didi Riyadi

Setidaknya ada 3 halaman surat yang dituliskan oleh Didi Riyadi pada Jokowi. Dimulai dari perkenalan diri, ungkapan rasa keprihatinannya pada pandemi yang tak kunjung berakhir, dan dampak PPKM Darurat terhadap rakyat kecil atau mereka yang tak punya gaji tetap setiap bulan.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, izinkan saya menyampaikan pendapat yang berkaitan dengan situasi kondisi terkini khususnya yang berhubungan dengan adanya wacana perpanjangan PPKM Darurat. Setelah saya telaah berdasarkan data sekunder yaitu pemberitaan berbagai media, media sosial, maupun data primer melalui pengamatan serta pengalaman berinteraksi dengan beberapa kalangan masyarakat termasuk crew yang biasa bekerja sama dengan saya, maka sebagai salah seorang rakyat yang juga terkena imbas dari sejak awal wabah, saya berpendapat sebagai berikut," tulis Didi di salah satu pernyataannya.

Ia kemudian melanjutkan, "Menolak perpanjangan PPKM Darurat Jawa & Bali. Alasan: Simple saja pak, sudah pasti banyak yang kena imbasnya terlebih lagi soal perut, banyak yang tidak bisa kerja, tidak bisa menafkahi keluarga. Faktanya: Sejak awal pandemi sampai dengan sekarang banyak usaha yang gulung tikar, karyawan di-PHK-kan, seniman dan musisi tidak lagi bisa manggung. Ternyata PSBB, PPKM, ataupun hal sejenis tidak juga mampu meredam penyebaran Covid-19."

2. Banjir Dukungan dari Teman Artis

Alasan selanjutnya, Didi juga menambahkan, "Perpanjangan PPKM Darurat tidak akan bisa selesaikan wabah, pilihannya seperti buah simalakama, mati karena wabah atau mati karena kelaparan."

Tak lupa di akhir suratnya Didi juga memberikan beberapa usulan terkait versi ramah dari PPKM, lockdown, atau hal sejenisnya hingga evaluasi strategi kebijakan pemerintah. Sukses mencuri perhatian, rupanya postingan ini juga banjir dukungan dari teman-teman sesama artis.

Artis-artis tersohor seperti Femmy Permatasari, Tommy Kurniawan, dan Fardhan turut menuliskan dukungan mereka pada Didi. Tidak hanya setuju dengan pendapatnya, mereka menilai Didi begitu bijaksana dalam pemilihan kata dan usulan yang diungkapkannya dalam surat tersebut. Kalau menurut kamu sendiri gimana?