Syarat Dilanggar, Andrea Hirata Batalkan Perkawinan

Noviana Indah TW | 29 November 2008, 11:11 WIB
Kapanlagi.com - Roxana, wanita yang disebut-sebut sebagai mantan istri penulis novel laris LASKAR PELANGI, Andrea Hirata, memang telah mengajukan surat Peninjauan Kembali (PK) atas pembatalan pernikahan yang dilakukan oleh Andrea tahun 2000 silam. Namun Andrea yang merasa ganjil kenapa persoalan lama itu diungkit-ungkit lagi merasa siap membantah dalil-dalil yang diungkapkan Roxana dalam permohonan PK itu.

"Alasan kami mengajukan gugatan adalah bahwa perkawinan yang dilangsungkan pada 5 Juli 1998 adalah melanggar syarat-syarat perkawinan di mana UU yang telah dilanggar adalah pasal 9 UU Perkawinan dan juga pasal 71 KHI di mana salah satu masih terikat suatu perkawinan saat melangsungkan perkawinan dengan klien kami. Dengan alasan itulah maka klien kami mengajukan pembatalan ke Pengadilan Agama Surabaya dan diputus. Keputusan itu sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena tidak dilakukan upaya hukum banding atau kasasi oleh pemohon PK. Kami tim kuasa hukum mencoba menjawab dan membantah dalam dalil-dalil yang diungkapkan dalam permohonan PK tersebut," jelas Helen Nainggolan, SH, kuasa hukum Adrea, panjang lebar.

Helen yang ditemui di launching novel keempat Laskar Pelangi, Maryamah Karpov, di MP Bookpoint, Jalan Puri Mutiara Raya No 27, Cipete, Jakarta Selatan, semalam (Jumat, 28/11) juga menuturkan bahwa Andrea punya bukti-bukti dan fakta-fakta hukum bahwa dirinya sudah mengetahui ikatan yang dimiliki oleh Roxana saat mengajukan pembatalan pernikahan tersebut.

"Saya tidak tahu soal itu (jika Roxana masih dalam ikatan pernikahan saat menikah dengannya -red). Kalau saya tahu kenapa saya menggugat?" kata Andrea.  (kpl/buj/npy)

Editor:  

Noviana Indah TW