Tak Ada Instruksi Libur Saksikan Nikah Ibas - Aliya

Darmadi Sasongko | 25 November 2011, 09:09 WIB
Tak Ada Instruksi Libur Saksikan Nikah Ibas - Aliya
Kapanlagi.com - Ratusan siswa dari tiga sekolah dasar (SD) di Cipanas, Cianjur, Jabar, yang terletak berdekatan dengan Istana Cipanas, dibebaskan pihak sekolah guna menyaksikan pernikahan Ibas-Aliyah.

Meskipun hanya menyaksikan acara pernikahan melalui layar lebar yang dipasang di luar Istana, ratusan siswa dan guru tersebut, berbaur dengan ribuan masyarakat yang sama-sama ingin melihat pesta akbar anak orang nomor satu di Indonesia itu.

Kapuspindik Cipanas, Deni Suwarna, membenarkan hal tersebut. Meskipun ungkap dia, tidak ada instruksi bagi pihak sekolah untuk libur pada hari tersebut, namun pihaknya menduga pihak sekolah sengaja membebaskan siswa, untuk berpartisipasi dan menyaksikan pernikahan Ibas - Aliyah, tersebut.

"Tidak ada instruksi libur untuk sekolah-sekolah di Cipanas, mungkin itu inisiatif pihak sekolah untuk berpartisipasi dan meramaikan pesta pernikahan anak Presiden SBY. Kami tidak melarang karena sekolah-sekolah yang dibebaskan letaknya berdekatan dengan Istana," katanya.

Salah seorang guru SDN 3 Cipanas, membenarkan dibebaskannya siswa masuk pada hari tersebut, untuk ikut serta memeriahkan dan menyaksikan pesta pernikahan Ibas - Aliyah. Selain dekat dengan Istana, sebagian besar siswa tertarik untuk mengikuti posesi pernikahan tersebut.

"Karena ini momen yang sangat jarang, sehingga pihak sekolah, membebaskan siswa pada hari ini. Itung-itung mendapat pendidikan dan wawasan tentang kebangsaan," kata Asep guru tersebut.

Sementara itu, selain ratusan siswa SD, terlihat pula ratusan siswa SMP dan SMA yang mengerumuni layar lebar yang dipasang panitia pernikahan di samping Istana tersebut. Sebagian besar mengaku, pihak sekolah membebaskan proses belajar mengajar pada hari tersebut.

"Libur setengah hari, tadi pagi sempat masuk, namun sebelum jam istirahat, pihak sekolah membebaskan jam pelajaran selanjutnya. Sehingga kami, bisa melihat pesta pernikahan anak Presiden SBY," kata Ratih (16) siswa kelas satu SMA swasta di Cipanas.   (antara/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko