Tak Bisa Mudik Lebaran, Andien: Kerinduan Itu Menjaga Hubungan Kita

Wulan Noviarina Anggraini   | Rabu, 12 Mei 2021 11:38 WIB
Tak Bisa Mudik Lebaran, Andien: Kerinduan Itu Menjaga Hubungan Kita
Andien © instagram/andienaisyah

Kapanlagi.com - Pandemi yang masih melanda Indonesia membuat Andien memilih menahan diri untuk tidak pulang mudik. Biasanya, ia selalu pulang ke rumah keluarganya di Karanganyar, Kebumen.

Namun tahun ini lagi-lagi pemerintah melarang mudik untuk mencegah penularan covid-19. Andien pun patuh untuk tidak melakukan tradisi pulang kampung dan ia memaknainya dengan cukup dalam.

1. Tidak Mudik

Bagi Andien, tidak mudik adalah cara untuk menumbuhkan rindu pada keluarga yang lama tidak bertemu. Itu bisa jadi cara untuk tetap menjaga hubungan agar senantiasa hangat.

"Karanganyar, Kebumen. Tahun 1994.

Sempet ngobrol ama beberapa temen yang nggak bisa mudik, sempet juga banyak yang curhat di DM instagram. Larangan mudik mungkin bikin banyak di antara kita kecil hati. Udah kangen banget, tapi masih nggak bisa ketemu dengan keluarga di rumah. Rindu pasti nggak tertahankan, tapi aku percaya, rindu itu yang menjaga hubungan kita semua.

Semoga lebaran tanpa mudik tahun ini nggak menghalangi kita untuk ‘mudik' ke dalam diri sendiri.

Selamat jalan mudik ke diri sendiri yaaa.. Rumah kita sampai nanti nanti..," tulisnya.

2. Keluarga Pernah Kena Covid-19

Tidak mudik bagi Andien bukanlah sebuah kampanye semata. Ia benar-benar tidak melakukannya agar penyebaran covid-19 tidak semakin merajalela.

Dengan pengalaman orangtua pernah kena covid-19 dan harus dirawat di rumah sakit, Andien tahu betul bahwa corona memang ada. Sehingga ia patuh pada aturan dilarang mudik dengan tetap tinggal di rumah selama Lebaran. #IngatPesanIbu, pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak.

Editor:   Wulan Noviarina Anggraini