Tak Ingin Korek Masa Lalu Betrand Peto, Ruben Onsu: Saya Hanya Jadi Pendengar

Kistin Septiyani | Kamis, 05 Desember 2019 20:46 WIB
Tak Ingin Korek Masa Lalu Betrand Peto, Ruben Onsu: Saya Hanya Jadi Pendengar

Kapanlagi.com - Perayaan Natal tahun 2019 ini menjadi sesuatu yang berbeda bagi Ruben Onsu. Pasalnya, tahun ini ia merayakan Natal pertama kalinya dengan sang putra angkat, Betrand Peto.

Suami Sarwendah ini mengungkapkan bahwa dirinya tak tahu bagaimana sang putra merayakan Natal di rumahnya dulu. Pasalnya, Ruben mengaku tak begitu ingin mengorek lebih dalam tentang masa lalu Betrand.

"Saya enggak pernah mau menengok masa lalunya. Karena buat saya, dari Betrand sendiri banyak yang harus saya benahi. Jadi saya tidak mau mengorek," ujar Ruben saat dijumpai di kawasan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, pada Rabu (4/12/2019).

1 dari 2 halaman

1. Jadi Pendengar

Ruben mengungkapkan bahwa terkadang Betrand dengan terbuka bercerita tentang masa lalunya. Hal ini terjadi jika sang putra melihat sebuah benda yang mengingatkannya dengan masa lalu. Namun Ruben tak pernah menanyakan secara mendetail tentang kenangan tersebut.

"Dan saya hanya menjadi pendengar saja, tidak boleh menanyakan lebih detail, karena saya tidak tahu tentang benda itu, apakah dia sensitif, ataukah dia bangga, atau seperti apa," imbuhnya.

2 dari 2 halaman

2. Sediakan Psikolog

Sediakan Psikolog ©KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono
Seperti anak-anaknya yang lain, Ruben juga menyediakan jasa psikolog untuk Betrand. Hal ini ia lakukan untuk mengenal lebih jauh kepribadian dan karakter sang putra. Ia mendapat bantuan dari psikolog untuk menentukan sikap terhadap anak-anaknya.

"Apalagi saya mendapatkan anak usia 14 tahun. Jadi saya tidak boleh salah ucap, salah perkataan, atau salah menjawab pertanyaannya dia. Jadi saya juga dibantu oleh psikolog, saat saya mendapatkan pertanyaan ini, apa yang harus saya jawab," lanjutnya.

(kpl/apt/TIN)


↑