Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Tak Jadi Dipenjara, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Divonis Jalani Rehabilitasi 8 Bulan

Kamis, 21 April 2022 21:56 WIB
Tak Jadi Dipenjara, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Divonis Jalani Rehabilitasi 8 Bulan
Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie divonis rehabilitasi © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat artis Nia Ramadhani dan sang suami, Ardi Bakrie, serta sopirnya, Zen Vivanto telah diputus Mahkamah Agung. Dalam putusannya, Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan hukuman rehabilitasi selama 8 bulan kepada ketiganya.

"Di website Mahkamah Agung sebenarnya sudah muncul bahwa perkara Bu Nia, Pak Ardi, dan Pak Ivan di tingkat banding sudah putus di 29 Maret 2022. Putusannya adalah bahwa beliau beliau ini diputus untuk menjalani rehabilitasi selama 8 bulan di FAN Campus," kata Wa Ode Nur Zainab, kuasa hukum ketiganya saat ditemui di Polres Metro Jakarta Seltan, Kamis (21/4/2022).

1. Selesai Jalani Masa Hukuman

Dengan hasil putusan tersebut, lanjut Wa Ode, ketiga kliennya kini sudah selesai menjalani masa hukumannya. Menurutnya, Nia dan Ardi seharusnya sudah bebas dari rehabilitasi per tanggal 8 Maret lalu.

"Karena putusannya di tanggal 29 maret 2022. Artinya mereka sudah lewat dong dari 8 bulan menjalani rehab. Jadi sudah selesai. Karena 8 bulan itu, mereka selesai sampai 8 Maret," kata Wa Ode Nur Zainab.

2. Sudah Sesuai

Hasil putusan tersebut, kata Wa Ode sangat sesuai dengan yang diharapnya. Sebab menurutnya, pengguna narkoba sudah seharusnya direhabilitasi, bukan dihukum penjara.

"Vonisnya rehab dan itu sesuai kaidah Undang Undang narkotika dan saya sangat mengapresiasi pengguna itu seharusnya direhab," tuturnya.

3. Sempat Ajukan Banding

Sebelum mengajukan banding, Nia Ramadhani, Ardi Bakrie dan Zen Vivanto, divonis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat hukuman kurungan penjara selama satu tahun. Seperti diketahui, Nia Ramadhani, dan sang suami Ardi Bakrie, serta sopirnya, Zen Vivanto diamankan satnarkoba Polres Metro Jakarta Pusat pada7 Juli 2021.

Ketiganya ditangkap usai mengonsumsi sabu bareng. Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti sabu sisa pakai seberat 0,5 gram dan alat hisapnya.