Tambah Ilmu, Dena Rachman Ambil Diploma di Leiden University Den Haag

Wulan Noviarina Anggraini | Kamis, 04 Juli 2019 14:09 WIB
Tambah Ilmu, Dena Rachman Ambil Diploma di Leiden University Den Haag

Kapanlagi.com - Dena Rachman tak hanya puas dengan gelar sarjana dan mengambil kuliah S2 di Italia. Menambah ilmunya, Dena mengambil kuliah diploma di Leiden University, Den Haag, Belanda.

Transgender yang dulunya artis cilik ini mengambil kelas pendek di kampus yang dikenal sebagai salah satu universitas terbaik dunia di bidang hukum itu. Di sana, Dena mempelajari tentang gender.

Kuliah singkat itu diambil Dena pada medio Juli 2018 lalu. Ia mengumumkan kabar bahagia bahwa ia diterima di Leiden University melalui akun pribadinya di Instagram, @denarachman.

 

1 dari 2 halaman

1. Belajar Gender

Belajar Gender © instagram.com/denarachman
Dalam salah satu postingannya, Dena mengungkap ilmu yang ia pelajari di sana. Dena ternyata mengambil kelas yang mempelajari tentang gender di mata hukum internasional.

"Momen ketika aku menerima piagam diploma dari Leiden University. Aku sangat bersyukur karena sekarang bisa menambahkan ilmu tentang gender di mata hukum internasional di salah satu pengetahuanku. Terima kasih atas semua dukungan yang diberikan selama aku berpartisipasi di program ini. Kini aku berdoa, semoga bijaksana menggunakan ilmu ini untuk kebaikan yang lebih besar. Amin," tulis Dena.

2 dari 2 halaman

2. Ambil S2 di Bidang Desain

Sebelum mengambil diploma di Leiden University, Dena Rachman tercatat mengambil kuliah S2 di Italia. Ia mempelajari Design, Fashion & Luxury Goods di Universitas Bologna, Italia.

Beberapa cabang ilmu berbeda telah dipelajari oleh artis kelahiran 30 Agustus 1987 ini. Ia mengambil kuliah S1 di jurusan FISIP, Universitas Indonesia dan melanjutkan S2 di bidang desain.

Kini Dena juga memegang ijazah diploma di bidang hukum dari Leiden University. Menurut Dena, bidang terbaik yang bisa ia lakukan adalah belajar.

(kpl/phi)


↑