Tegar, Ria Irawan Ikhlas Kalau Hidupnya Berakhir

Arai Amelya | 05 Desember 2014, 14:25 WIB
Tegar, Ria Irawan Ikhlas Kalau Hidupnya Berakhir
Kapanlagi.com - Menderita kanker kelenjar getah bening stadium tiga memang membuat Ria Irawan merelakan banyak hal. Wanita berusia 45 tahun itu bahkan harus rela rahimnya diangkat demi mencegah penyebaran kanker. Menjadi wanita tanpa rahim, Ria berusaha tegar dan tetap mengurai mimpi yang optimis.

"Banyak banget orang yang terinspirasi, termotivasi dan tersemangati. Jadi sekarang Pusat Pelayanan Terpadu Kanker Fatmawati pakai nama Ria Irawan sebagai sosok pasien kemoterapi yang nggak ambil pusing. Aku bukannya riya' atau takabur, itu nggak ada di kamusku. Cuma Alhamdulillah niat gue kan syiar jadi ingin menyampaikan hal positif," papar Ria.

Ria yang dijumpai di rumah sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (3/12) pun tampak lebih memilih ditanya soal penyakit dan semangatnya daripada perihal jodoh atau pria yang lagi dekat dengannya. Disinggung mengapa dirinya pakai penutup kepala, rupanya Ria melakukannya sembari menunggu petunjuk dokter lantaran dirinya belum menjalani radiasi.

"Punya teman yang bisa bikin semangat di hidup gue bikin tegar ya. Gue bukannya santai, cuma ikhlas aja. Kalau memang kata Allah sampai di sini hidup gue, ya semoga dijauhkan dari derita saat menghadapi sakaratul maut. Tapi kalau memang gue diberi kesempatan, maka semoga diberi umur dan kebugaran untuk meningkatkan kualitas ibadah di hidup gue," kisah Ria.

Disinggung mengapa dirinya enggan memilih pengobatan alternatif atau herbal, rupanya Ria lebih memilih menjalani pengobatan dokter. Meskipun memang ada yang berhasil sembuh lewat cara herbal.

"Ada orang yang sukses dengan herbal, tapi ada yang mungkin nggak bisa berpengaruh ke gue. Kalau memang mereka berhasil dengan alternatif atau herbal, ya dilihat dulu itu siapa dan perbandingannya. Gue sih tetep bilang ke dokter biar nggak GR kalau gue sembuh karena kan gue percaya ke Allah SWT," tutup Ria. (kpl/aal/aia)

Reporter:  

Sahal Fadhli