Tegur Program Ramadan Yang Tak Sesuai, MUI Telah Temui KPI & ANTV

Sanjaya Ferryanto | Kamis, 30 Mei 2019 08:01 WIB
Tegur Program Ramadan Yang Tak Sesuai, MUI Telah Temui KPI & ANTV

Kapanlagi.com - Majelis Ulama Indonesia alias MUI baru saja menegur tegas beberapa program Ramadan yang disiarkan beberapa stasiun TV. Tak hanya menegur, MUI juga meminta sederet acara ini dihentikan. Pasalnya MUI menilai acara yang ditayangkan sudah jauh melenceng dari spirit keagamaan dan nuansa Ramadan.

Salah satu televisi yang disorot adalah ANTV. Ketua MUI Bidang Informasi dan Komunikasi Masduki Baidlowi sejatinya mengatakan jika tak semua acara di ANTV tidak bagus. Hanya saja memang harus ada perbaikan konten supaya sesuai.

 

1 dari 2 halaman

1. Tak Semuanya Jelek

"Saya kira kita perlu berbesar hati dengan apa yang kami sampaikan kepada temen-teman ANTV. Karena seluruh rangkaian acara pada ANTV tidak semuanya tidak bagus. Banyak yang bagus. Kalau ada hal yang tidak bagus tapi dapet ratingnya tinggi saya kira itu diperbaiki secara konten," ujarnya ditemui di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/5).

Dirinya mengatakan jika MUI sudah beberapa kali bertemu dengan pihak KPI dan ANTV untuk meminta masukan. Masduki juga mengatakan jika MUI tak memiliki kewenangan khusus untuk menutup sebuah program.

2 dari 2 halaman

2. Pantau Program Ramadan

Pantau Program Ramadan © KapanLagi.com/Bayu Herdianto
"Kami juga sudah beberapa kali ketemu sama antv dan kpi kita sudah banyak minta masukan. Yang paling penting adalah evaluasi itu adalah masukan yang baik. Saya kira masukan-masukan itu adalah kritik yang sifatnya membangun buat antv. Lantas apakah MUI berhak menutup sebuah program pastinya tidak," tambahnya.

Setiap bulan ramadan selama 12 tahun terakhir pihak MUI dan KPI bekerjasama dalam memantau program ramadan. Metro TV, TVRI, TV One, Kompas TV, dan RTV adalah stasiun yang membaik dari segi kualitas tayangan. Sedangkan Trans 7, Trans TV dan ANTV masih menjadi program yang banyak dikritik.

(kpl/apt/frs)


TOPIK TERKAIT
 
↑