Temenan Sama ODHA, Raline Shah Banyak Dapat Pelajaran Hidup

Fitrah Ardiyanti | 01 Desember 2015, 13:15 WIB
Temenan Sama ODHA, Raline Shah Banyak Dapat Pelajaran Hidup
Kapanlagi.com - Hari AIDS sedunia selalu diperingati pada tanggal 1 Desember, yang jatuh pada hari ini. Sederet selebriti tanah air pun punya cerita masing-masing soal HIV/AIDS, termasuk Raline Shah yang tak takut lakoni tes HIV untuk pertama kalinya.

Ternyata, Raline sudah mengetahui apa itu HIV/AIDS sejak dini, lho. Oleh karena itu, ia tak risih punya teman seorang ODHA atau Orang Dengan HIV/AIDS. 

"Jadi teman saya mengenalkan temannya yang ODHA. Dia awalnya bilang ke saya 'Kamu nggak apa-apa kan saya kenalkan ke teman saya yang ODHA? Kita bareng makan siang'," tutur Raline saat ditemui di kawasan Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Hal tersebut sama sekali tak mengganggu bintang SURGA YANG TAK DIRINDUKAN ini. "Aku bilang 'Pasti nggak apa-apa lah, kan kita cuma makan siang. Kenapa kamu ngomong gitu. Kamu salah. Seharusnya saya kenal dia sebagai manusia biasa, bukan sebagai pengidap penyakit ini itu. Lama-lama dia juga bakal cerita kalau percaya saya'," jelasnya.

Pahami HIV/AIDS, Raline nggak risih berteman dengan ODHA/©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoPahami HIV/AIDS, Raline nggak risih berteman dengan ODHA/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Ia pun banyak belajar dari kehidupan teman ODHAnya. Banyak sisi positif yang bisa ia ambil. "Dia masih bisa senyum, happy, masih olahraga, suka lari. Positifnya, mereka menyebarkan apa yang mereka pelajari dengan hidup yang singkat ini. Jadi, saya rasa dengan mengenal dia, saya lebih maksimal dalam hidup ini. Karena saya sadar semua orang juga waktunya terbatas. Filosofi hidup aku, start where you are, do what you can, and use what you have. Kita masih bisa berprestasi sebelum penyakit itu berkembang," ujarnya.

Wanita 30 tahun ini pun menghimbau untuk tak menjauhi ODHA. "Kenapa harus kita kucilkan temen-temen ODHA? Kalau dia udah kena, udah menyesal, mau berbuat positif, harusnya kita memberikan mereka peluang karena mereka masih layak hidup, kok," tutupnya.

(kpl/rhm/tch)

Reporter:  

Nuzulur Rakhmah

TOPIK TERKAIT