Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Terbukti Bersalah, Rachel Vennya Divonis 4 Bulan Penjara dengan Masa Percobaan

Jum'at, 10 Desember 2021 18:59 WIB
Terbukti Bersalah, Rachel Vennya Divonis 4 Bulan Penjara dengan Masa Percobaan
Kapanlagi

Kapanlagi.com - Hakim Pengadilan Negeri Tangerang telah membacakan hasil putusan terhadap terdakwa pelanggar karantina kesehatan, yakni Selebgram Rachel Venya, Salim Nauderee, dan Maulida Khairunnia, pada sidang yang digelar Jumat (10/12/2021).

Berdasar fakta peraidangan, hakim memutuskan ketiga terdakwa bersalah melanggar Pasal 93 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang karantina kesehatan dan menjatuhkan vonis hukuman 4 bulan penjara dengan masa percobaan.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa satu, Rachel Vennya Ronald, terdakwa dua Salim Nauderee, dan terdakwa tiga Maulida Khairunnisa, masing-masing selama 4 bulan penjara dengan masa percobaan 8 bulan, " kata Hakim.

1. Hukuman 4 Bulan

Hukuman itu, kata Hakim boleh tidak dijalankan dengan syarat selama masa percobaan 8 bulan, mereka tidak mengulangi kesalahan yang sama. "Hukuman tersebut tidak perlu dijalani dengan syarat tidak melakukan suatu tindak pidana yang sama dalam masa percobaan," tuturnya.

Selain hukuman tersebut, ketiga terdakwa juga dikenakan pidana denda Rp.50 juta. "Dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, maka digantikan pidana kurungan selama satu bulan," ucap Hakim.

2. Kabur Karantina

Gambar

Untuk Olevina Pratiwi, orang yang membantu Rachel Venya agar tidak menjalani karantina, juga dikenakan hukuman 4 bulan penjara dengan masa percobaan 8 bulan. Hanya saja denda untuk Olevina berbeda. "Denda 30 juta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar, maka digantikan pidana kurungan selama satu bulan," ucap Hakim.

Seperti diketahui Rachel Venya, Salim Nauderee, dan Maulida Khairunnia, kabur dari Wisma Atlet karena tidak mau menjalani karantina kesehatan usai pulang dari Amerika Serikat pada 17 September lalu.

3. Bungkam

Rachel tampak bungkam usai melakukan pemeriksaan. Baik Rachel Vennya, Salim Nauderer dan Maulida lebih banyak diam ketika dimintai keterangan oleh awak media.

"Doain ya, doain Rachel, makasih yah," kata Rachel Vennya.

4. 4 Bukti yang Memberatkan

Ada 4 bukti yang kuat dan menjadikan Rachel Vennya dinyatakan sebagai tersangka atas kasus kabur dari karantina.

"Terdiri dari keterangan saksi, keterangan ahli, bukti petunjuk, kemudian keterangan dokumen. Di sini semuanya terbukti, makanya kita tetapkan yang bersangkutan sebagai tersangka," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum, Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat.

Atas perbuatannya itu, Rachel Vennya dijerat Pasal 93 Undang Undang RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan dan Pasal 14 Undang Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.