Terbukti Lakukan Penipuan, Mantan Suami Delia Eks Ecoutez Dihukum 2,8 Tahun Penjara

Tyssa Madelina | Kamis, 25 Oktober 2018 16:00 WIB
Terbukti Lakukan Penipuan, Mantan Suami Delia Eks Ecoutez Dihukum 2,8 Tahun Penjara

Kapanlagi.com - Masih belum lepas dari ingatan saat kabar perceraian Delia Septianti eks Ecoutez dengan mantan suaminya, Tofan, menyeruak ke publik bulan April lalu. Saat itu, kasus penipuan yang menjerat Tofan diduga jadi salah satu penyebab keretakan rumah tangga mereka. Belum lama ini, Tofan menjalani sidang putusan dan dijatuhi hukuman 2 tahun 8 bulan oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (22/10/2018).

Sebelumnya, Tifan sempat divonis oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dengan hukuman penjara selama 3 tahun 6 bulan. Setelah dikumpulkan beberapa bukti dan saksi, dirinya secara sah telah melakukan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 1,8 Miliar milik Amelia Abdurachman Aldjufrie.

Dari kronologi yang diungkapkan oleh kuasa hukum Amelia, kliennya mengaku tergiur dengan bisnis parkir yang menjanjikan banyak keuntungan. Salah satu hal yang membuat Amelia percaya begitu saja adalah karena ia sudah menjalin pertemanan cukup lama dengan Delia.

"Kenyataannya, bisnis investasi tersebut tidak pernah terjadi, alias bodong," ujar Halim Latuconsina selaku kuasa hukum Amelia, saat ditemui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/10/2018), seperti dilansir dari Liputan 6.

1 dari 2 halaman

1. Soal Pengembalian Uang

Menurut Halim, penyerahan uang sebesar Rp 1,8 miliar kepada Tofan dan Delia dilakukan secara bertahap. Sebagian diserahkan secara langsung namun ada juga yang melalui proses transfer. Sayang, hingga jatuh tempo, Delia dan Tofan tak kunjung mengembalikan uang pinjaman tersebut, meski sudah berulang kali ditagih.

"Alih-alih melakukan pembayaran, Tofan pernah menyerahkan cek yang ternyata cek kosong. Akhirnya Amelia melaporkan Tofan dan Delia kepada pihak Kepolisian dengan sangkaan penipuan dan penggelapan," ujar Halim.

2 dari 2 halaman

2. Status Delia Bukan Tersangka

Status Delia Bukan Tersangka © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya
Sejak kasus penipuan tersebut bergulir di ranah hukum, Delia dan Tofan sama-sama menjalani pemeriksaan di kepolisian sejak tahun 2015. Namun dari putusan pengadilan, status Delia hanya sebagai saksi dan justru mantan suaminya lah yang dijatuhi hukuman.

"Sejak awal, kami berharap ada pengembangan mengenai keterlibatan Delia. Hanya saja, harapan kami tidak menjadi kenyataan," ujar Halim.

Seperti diketahui, selama proses hukum masih berlangsung, Delia Septiana memilih untuk bercerai dari Tofan yang menikahinya pada Oktober 2013 silam. Delia menggugat cerai dari Tofan dan sudah inkrah di Pengadilan Jakarta Utara pada April 2018 lalu.

(kpl/lip/tmd)


Editor:  

Tyssa Madelina

↑