Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Terjerat Kasus Dugaan Penelantaran Anak, Ayah Rezky Aditya Absen di Persidangan

Senin, 06 Desember 2021 12:16 WIB
Terjerat Kasus Dugaan Penelantaran Anak, Ayah Rezky Aditya Absen di Persidangan
Ayah Rezky Aditya terjerat kasus dugaan penelantaran anak / Credit Foto: Istimewa

Kapanlagi.com - Ayah Rezky Aditya yang bernama Triyogo Drajatmoko dalam beberapa waktu terakhir ini mencuri perhatian publik. Pasalnya, tiba-tiba muncul seorang wanita bernama Tiara yang mengaku pernah dihamili oleh ayah Rezky tersebut. Nah setelah dihamili, Tiara mengaku melahirkan anak dari hubungan itu.

Tiara sendiri kini mencoba untuk meminta pertanggung jawaban dari Triyogo, mengingat anaknya juga sudah mulai tumbuh besar. Merasa tak pernah digubris, Ia memutuskan untuk membawa kasus ini ke jalur hukum dengan tuduhan penelantaran anak.

Di sisi lain, pihak Triyogo Drajatmoko rupanya juga sudah siap untuk 'bertarung' di meja hijau persidangan. Seorang pengacara bernama Jamaludin pun ditunjuk sebagai perwakilan untuk membela kasusnya ini.

"Kita terima kuasa 3 hari yang lalu, belum banyak yang bisa kita berikan kepada teman-teman media karena memang hanya sebatas materi gugatan saja. Ini berkenaan dengan asal usul anak kalau dilihat dari materinya," ungkap Jamaludin, kuasa hukum Triyogo Drajatmoko saat ditemui di Pengadilan Negeri Bekasi, Selasa (30/11).

1. Ayah Rezky Aditya Tak Hadiri Persidangan

Gambar

Proses persidangan memang baru memasuki tahap awal, yakni seputar pembahasan asal-usul anak. Sayangnya, pada kesempatan itu ayah Rezky Aditya tidak terlihat hadir di persidangan.

"Beliau ada kesibukan tidak bisa hadir. Mungkin lain sidang akan hadir. Tahu (ada sidang), justru kan saya tahunya dari beliau," tambah sang kuasa hukum.

2. Jadwal Mediasi

Gambar

Setelahnya bakal ada jadwal mediasi yang digelar tanggal 15 Desember mendatang. Jamaluddin belum bisa memastikan apakah kliennya akan hadir pada kesempatan itu.

"Kita belum bisa pastikan, nanti kan tanggal 15 apakah beliau hadir atau tidak belum bisa dipastikan. Yang pasti tanggal 15 saya ditunjuk sebagai kuasa hukumnya, saya pasti hadir sesuai dengan agenda persidangan," jelasnya.

3. Alasan Ayah Rezky Aditya Tak Hadir?

Ketika didesak pertanyaan kenapa ayah Rezky Aditya tidah hadir, Jamaluddin enggan memaparkannya dengan jelas. Yang pasti, Ia merasa sudah melakukan tugasnya sebagai wakil dari sang klien dalam kasus ini.

"Kalau dari sisi hukum acara sih beliau sudah kasih kuasa kepada kami, kami hadir sebagai menerima kuasanya. Hanya sebatas itu. Dan menurut saya itu bagian dari hukum acara seperti itu. Saya sudah ditunjuk sebagai kuasanya itu, adapun hal hal yang berkenaan apa yang menjadi materi gugatan tentu kan sama sama sudah tahu biar nanti disampaikan pihak pengadilan biar nanti proses pemeriksaan bergulir," ungkap Jamaluddin.

4. Ada Kemungkinan Damai?

seperti diketahui, Tiara meminta agar ayah Rezky Aditya mengakui sang anak dan bertanggung jawab atas perbuatannya. Ketika ditanya mengenai kemungkinan keduanya akan berdamai, pihak kuasa hukum lagi-lagi menghindar.

"Sekali lagi, seperti yang saya sampaikan tadi, belum banyak yang saya tau berkenaan materi gugatan. Apa yang saya sampaikan hanya sebatas apa yang saya baca materi gugatan, itu saja. Jadi belum banyak yang saya sampaikan," tuntasnya.

5. Pengakuan Tiara

Gambar

Belum reda permasalahan dengan Wenny Ariani beberapa waktu lalu, nama Rezky Aditya kembali menjadi sorotan publik. Namun kali ini, permasalahan justru menyeret sang ayah. Seorang wanita bernama Tiara mendadak muncul dan mengaku punya anak atas hubungannya dengan Trijoyo Drajarmoko, ayah Rezky Aditya.

Selama ini Tiara sudah berusaha untuk meminta pertanggungjawaban ayah Rezky Aditya tersebut, tapi hasilnya nihil. Salah satu upaya yang dilakukan Tiara sejak ditinggalkan oleh Trijoyo adalah memintanya untuk menjalani tes DNA.

Lantaran buah hatinya tidak diakui anak oleh Trijoyo hingga menginjak usia 6 tahun, Tiara yang mengaku kecewa akhirnya membawa permasalahan ini ke persidangan atas dugaan penelantaran anak.
Rezky Aditya Bantah Punya Anak di Luar Nikah Dengan Wenny

"Oh dari dulu, waktu saya awal awal ditinggalin satu bulan itu 2016 saya sempet minta tes DNA dari dulu saya kejar-kejar, tes DNA aja yuk. Bukan saya diem aja, saya diem aja karena saya pikir ada itikad baik lah Pak Trijoyo, saya tunggu. Sampe anaknya enam tahun kan harus saya ini, karena belum ada akta kelahiran, harus diselesaikan karena anaknya udah cukup umur sekolah," ungkap Tiara usai persidangan di Pengadilan Negeri Bekasi, Senin (30/11/2021).

6. Tes DNA Jadi Bukti di Pengadilan

Gambar

Lebih lanjut, dikatakan bahwa tes DNA juga merupakan salah satu metode untuk membuktikan bahwa anak Tiara yang bernama Alifa Mutia Trijoyo merupakan darah daging dari ayah Rezy Aditya dalam persidangan.

"Jadi kasus ini memang dari bunyi materi undang-undang materi Mahkamah Konstitusi dalam pasal 43 ayat 1 itu, untuk bisa membuktikan bahwa anak yang dilahirkan di luar perkawinan itu salah satunya metode yang diambil adalah pendekatan ilmu ataupun secara teknologi atau yang biasa kita lakukan, yakni tes DNA," tutur Akhmad Nurul Khakam selaku kuasa hukum Tiara.

"Bahwa dalam tes DNA sudah kita masukkan ke dalam gugatan kita, terkait pastinya harapan kami perkara ini bisa selesai dalam tahap mediasi, harapan kami ya. Biar semua terbuka. Akan tetapi kita nggak tahu nanti fakta peristiwa hukum seperti apa," imbuhnya.