Terkena Kanker, Ginjal Kiri Vidi Aldiano Harus Diangkat

Wulan Noviarina Anggraini | Sabtu, 14 Desember 2019 12:38 WIB
Terkena Kanker, Ginjal Kiri Vidi Aldiano Harus Diangkat

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu Vidi Aldiano didiagnosa menderita kanker di ginjal bagian kiri. Untuk menyembuhkannya, dokter harus melakukan operasi pengangkatan ginjal yang terkena kanker.

Vidi pun menjalani operasi kemarin, Jumat, (13/12) di sebuah rumah sakit di Singapura. Operasi tersebut berlangsung selama beberapa jam dan ginjal kiri Vidi sukses diangkat oleh dokter.

Kabar melegakan ini disampaikan oleh Yuanita Rohali, ibunda penyanyi Alika Islamadina. Yuanita yang kebetulan berada di Singapura, menyempatkan diri menjenguk Vidi di rumah sakit.

1 dari 3 halaman

1. Operasi Sukses

Operasi Sukses © instagram.com/yuanitarohali
Ketika Yuanita datang, Vidi sedang bersiap menghadapi operasi. Kakak kandung artis Alya Rohali ini pun ikut menunggu proses operasi yang dijalani Vidi.

"Lagi meeting di Singapura, kaget banget waktu dikasih tau @alikaislamadina kalau @vidialdiano harus operasi pengangkatan ginjal kiri karena kanker. Penyakit yang sama persis saya alami 5 tahun lalu. Langsung lari ke rumah sakit nemenin mbak Besba (Ibunda Vidi). Alhamdulillah operasi berjalan lancar," tulis Yuanita.

2 dari 3 halaman

2. Vidi Ditemani Keluarga

Vidi Ditemani Keluarga Ibunda Vidi dan Yuanita Rohali © instagram/yuanitarohali
Selama menjalani proses operasi di Singapura, keluarga mendampingi Vidi Aldiano. Ayah dan ibunya turut serta ke Negeri Singa itu dan memberikan dukungan serta doa kepada pemilik tembang Status Palsu tersebut.

Yuanita pun menyebut kondisi Vidi sangat baik. Setelah menjalani operasi, Vidi sudah kembali ke kamar dan akan menjalani pemulihan untuk mengembalikan kondisi tubuhnya seperti semula.

3 dari 3 halaman

3. Yuanita Pernah Sakit Sama

Yuanita Pernah Sakit Sama © instagram.com/yuanitarohali
Lima tahun lalu, Yuanita pernah mengalami sakit yang sama dengan Vidi. Karena itu ia sangat kaget ketika mendengar kabar sahabat putrinya ini masuk ke RS karena kanker ginjal.

Bagian ginjal yang terkena pun sama, Yuanita harus merelakan ginjal kirinya untuk diambil. Kala itu, benjolan yang ada di ginjalnya sudah sebesar 8 centimeter.

"Karena kebetulan saya menderita penyakit yg sama dengan Vidi Aldiano, banyak yang DM minta untuk sharing tentang kanker ginjal yg saya alami. Jadi saya coba cerita sedikit di sini. Ceritanya di Maret 2014, saat sedang menemani @alikaislamadina yang sedang siap2 mau perform, tiba-tiba sedetik saya merasa "gliyeng" kayak not in control of my body. Tapi ngga pusing sama sekali. Rasa not in control ini berlanjut sampai besok siangnya. Maka saya putuskan consult ke Dr Jantung di Siloam. Ternyata mendadak saya kena darah tinggi (150/100) which is aneh karena saya berasal dari keturunan berdarah rendah.

Akhirnya saya minta serangkaian test dari EKG, blood test, USG jantung, dipasang alat deteksi tensi 24 jam B Pro yg menunjukkan jantung saya baik dan tdk ada secondary disease spt gula atau tiroid yg mungkin menyebabkan hipertensi. Luckily saat USG jantung dokter saya yg karena tdk menemukan kelainan di jantung lalu turun memeriksa Abdomen, di situlah dia menemukan massa yang sangat besar di ginjal kiri. Lalu sayapun dikirim ke radiologist utk thorough USG abdomen dan CT scan yg hasilnya konfirm saya terkena kanker ginjal dengan size yg sangat besar 8 cm.

Lalu saya memutuskan untuk treatment di Singapore, yg atas rekomendasi Urolog di Siloam operasi pengangkatan ginjal dilakukan di Singapore General Hospital oleh Prof Christopher Cheng. Operasi dilakukan dengan teknik Laparoskopi selama 3 jam dan ginjal yang diangkat dikeluarkan di tempat saya dulu operasi Caesar. Jadi abdomen saya tdk banyak sayatan2 baru yg besar.


Alhamdulillah setelah 2 malam stay di SGH saya diizinkan pulang karena recovery berjalan baik ... Dan kalo lihat kondisi fisik & mental Vidi setelah keluar kamar operasi, insya Allah everything is going to be alright. Syafakallah ya Vidi, kami sekeluarga mendoakan Vidi," tulis Yunita.

Sekarang kondisinya sudah baik dan kembali beraktivitas seperti biasa. Semoga Vidi pun segera pulih dan sehat seterusnya ya KLovers.

(kpl/phi)


↑