Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Terlibat Kolaborasi Kreatif 'THOR: LOVE AND THUNDER', Pelukis Pasir Vina Candrawati Dapat Dukungan Denny Darko Saat Ingin Menyerah

Jum'at, 08 Juli 2022 09:00 WIB
Terlibat Kolaborasi Kreatif 'THOR: LOVE AND THUNDER', Pelukis Pasir Vina Candrawati Dapat Dukungan Denny Darko Saat Ingin Menyerah
kolaborasi kreatif Vina Candrawati di THOR: LOVE AND THUNDER (credit: Dokumentasi Disney Indonesia)

Kapanlagi.com - Pelukis pasir Vina Candrawati turut meramaikan kolaborasi spesial menyambut perilisan film THOR: LOVE AND THUNDER di Indonesia pada awal Juli ini. Ia didaulat oleh pihak Disney Indonesia untuk membuat beberapa frame lukisan pasir yang menggambarkan perjalanan Dewa Petir tersebut.

Hal pertama yang dilakukan istri dari Denny Darko ini adalah menonton tiga film Thor terdahulu. Setelah mendapat referensi utuh, barulah membuat storyboard cerita apa yang ingin disampaikan.

"Yang saya siapkan pertama adalah menonton kembali film terdahulu untuk cari referensi apa yang pengin disampaikan dalam pertunjukannya. Kalau di film kan ada namanya pembuka dan konklusi, sebelum jadi lukisan seperti ini, ada storyboard kayak orang film. Saya sketsa, setelah siap baru dipertunjukkan," kata Vina ditemui di Gandaria City, Jakarta Selatan, Selasa (5/7/2022).

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake

1. Menikmati Proses Melukis

Gambar

Dalam pertunjukkan lukisan pasir, Vina Candrawati memadukan antara pertunjukkan melukis secara langsung dengan rekaman. Hal tersebut untuk mengefisiensi waktu karena ketika melukis langsung, setiap goresan dan taburan benar-benar diperhitungkan.

"Lukisan pasir ini pertunjukkan berbeda, prosesnya dinikmati, bukan hasil akhir. Ada yang di-record ada yang live. Karena kan ada batasan waktu membuat kita harus praktis dalam gambar, nggak bisa terlalu detail," jelas pelukis pasir jebolan ajang Indonesia Mencari Bakat tersebut.

2. Dukungan Denny Darko

Saat mempersiapkan lukisan pasir Thor, Vina Candrawati akui sempat pesimistis bisa menyelesaikan apa yang sudah menjadi tugasnya. Beruntung ada dorongan semangat dari Denny Darko sehingga akhirnya bisa dirampungkan.

"Sebagai seniman pasti ada yang nggak sesuai ekspektasi. Tapi suamiku bilang , 'Ayo kamu bisa ngerjain itu'. Dengan waktu lumayan seharian akhirnya bisa kerjain. Pasir ini media yang unik, bisa kita atur taburannya, kita gores, tapi harus tahu juga dimensinya seperti apa," tandas Vina.

3. Kolaborasi Kreatif Lainnya

Disney Indonesia juga mengajak talenta kreatif lain untuk berkolaborasi meramaikan perilisan THOR: LOVE AND THUNDER. Ada olahraga a la Thor bersama Empire Fot Club. Lalu kontribusi Jakarta Xperience Board (JXB) dan Kita Art Friends menampilkan karya mural bertajuk Jakarta Hajatan sekaligus merayakan HUT Jakarta ke 495 di Terowongan Kendal, Jakarta Pusat

Ada juga seniman bambu Teguh Paino membuat kapal Thor raksasa juga Mjolnir berbahan dasar sampah buatan eCollabo8. Dua karya ini, juga lukisan pasir Vina Candrawati, bisa dinikmati hasilnya lewat eksibisi bertempat di Mal Taman Anggrek mulai 1 Juli sampai 1 Agustus 2022.