Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Tersandung Kasus Video Syur Bareng Gisel, Yukinobu De Fretes Sempat Alami Trauma Stres Hingga Depresi

Kamis, 13 Januari 2022 16:02 WIB
Tersandung Kasus Video Syur Bareng Gisel, Yukinobu De Fretes Sempat Alami Trauma Stres Hingga Depresi
Yukinobu tersandung kasus video syur (credit: instagram/yukinobu_de_fretes)

Kapanlagi.com - Tahun 2021 menjadi tahun terberat bagi Michael Yukinobu De Fretes atau Nobu. Seperti yang sudah diketahui, ia tersandung kasus video syur 19 detik dengan Gisella Anastasia.

Ternyata, hal itu membuat Nobu mengalami trauma yang sangat mendalam bahkan hingga depresi. Tak hanya itu, Nobu juga mengalami masalah gangguan mental.

"Seperti tahun lalu adalah tahun terberat buat aku dan aku merasa depresi dan stres serta juga pernah juga gangguan mental sedikit," kata Nobu di XXI Epicentrum, Rabu (13/1/2022).

"Trauma ya biasa lah, ketika kita ada masalah dan juga stres, kita butuh mencari ketenangan," tambah Nobu.

1. Kesalahan Terbesar Nobu

Gambar

Kasus video syur 19 detik bersama Gisella Anastasia menjadi kesalahan terbesarnya dalam hidup. Trauma yang Nobu rasakan pun datang dari komentar pedas netizen yang terus menghinanya, usai tersebarnya video syur 19 detik itu.

"Ya seperti yang anda tahu lah ya, komentar netizen agak seram. Itu yang saya takutin. Ya terlalu barbar. Maksudnya sih, aku belum pernah terlalu ngelakuin kesalahan. Sedangkan tahun lalu aku melakukan itu," katanya.

2. Alami Masalah Pekerjaan

Gambar

Tak cuma itu, Nobu juga mengalami beban mental yang kuat dan kerugian yang sangat besar dalam pekerjaannya. Dari penuturan Nobu, beberapa rekan kerjanya seolah menahan untuk bekerja sama.

"Kalau (trauma) untuk sekarang, asli nggak ada. Sudah hilang. Kemarin itu, misalnya kalau aku jalan ke luar, ke tempat publik, aku masih suka merasa malu, terus takut. Terus kebanyakan rekan-rekan kerja jadi menahan untuk bekerja sama," katanya.

3. Lakukan Terapi

Gambar

Beruntung Nobu masih mempunyai teman-teman yang masih membantu disaat mengalami keterpurukan. Selain teman, untuk menghilangkan rasa stres dan trauma, Nobu juga sempat lakukan terapi.

"Paling aku bisa sharingnya adalah tahun lalu itu tahun terberat buat aku. Banyak teman juga yang sangat membantu," katanya.

4. Lebih Baik Menjalani Hidup

Gambar

Untuk menghilangkan rasa trauma dan stres, Nobu akhirnya melakukan metode DOA-TRTO (Divine Oracular Assistance-Tension Releasing Therapy Online). Akhirnya dari situ Nobu merasa lebih baik dalam menghadapi hidup.

"DOA ini yang dilakukan oleh Coach Rheo. Aku dikenalin sama Coach Rheo sama mbak Lee Sachi, itu dia bilang ada teman yang bisa membantu dan aku juga nggak nyangka. Ini pertama kali buat aku ini terapi tuh buat aku sangat sangat di luar pikiran kita," kata Nobu.

"Ibaratnya ini kayak bullshit banget sih. Tapi setelah untuk melakukan terapi DOA ini Lebih berani istilahnya di dalam kehidupan aku yang ke depannya," tutup Nobu.