Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Terungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana Pasca Alami Pendarahan Otak, Badan Semakin Kurus

Rabu, 12 Januari 2022 16:08 WIB
Terungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana Pasca Alami Pendarahan Otak, Badan Semakin Kurus
Kondisi terkini Tukul usai alami pendarahan otak © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu sempat viral sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan kondisi terkini komedian Tukul Arwana pasca mengalami pendarahan otak. Dalam foto tersebut, terlihat pria yang kini berusia 58 tahun itu tubuhnya semakin kurus.

"Ya pasti (lebih kurus) jadi namanya orang sakit ya, kita pun kalau lagi sakit pasti kurus," ucap Kimon selaku juru bicara keluarga saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (11/1) malam.

Kimon tak memungkiri jika berat badan Tukul menurun drastis. Tapi dia tak bisa memastikan berapa kilo penurunan berat badan ayah tiga anak itu.

"Agak signifikan memang, kalau berapanya gak pernah nimbang sih, mungkin bisa ngira-ngira kayak apa setelah beliau sakit, mungkin bisa 10 kilo lebih, mungkin ya," katanya.

1. Punya Semangat Besar

Gambar

Meski begitu, Tukul sendiri memiliki semangat yang besar untuk bisa benar-benar pulih seperti sedia kala. Hampir seminggu full Tukul menjalani terapi, baik di rumah ataupun datang ke klinik.

"Iya Alhamdulillah sangat signifikan, beliau lebih fresh, lebih semangat untuk sembuh," pungkasnya.

2. Rutin Pergi ke Klinik

Gambar

Keinginan untuk sembuh pasca mengalami pendarahan otak diperlihatkan komedian Tukul Arwana. Setiap harinya, pria berusia 58 tahun itu menjalani terapi, baik di rumah ataupun pergi ke klinik Wijaya di Jakarta Selatan.

"Untuk pengobatan kita kan fisioterapi yang ke rumah setiap hari, bahkan Sabtu. Kecuali Minggu buat beliau istirahat. Di klinik dengan metode robotik, jadwal beliau Senin, Rabu, Jumat," ucap Kimon selaku juru bicara keluarga saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (11/1) malam.

3. Tidak Ada Masalah

Gambar

Makanya, anak-anak Tukul, selalu mendampingi untuk memberikan semangat saat sang ayah menjalani terapi agar bisa kembali seperti sedia kala.

Dan untuk pendarahan otak yang pernah dialami Tukul, Kimon memastikan kalau saat ini sudah tak ada masalah dan kini hanya tinggal pemulihan saja.

"Alhamdulillah puji Tuhan aman sih, nggak ada masalah di bagian otak beliau," pungkasnya.

4. Berjuang Untuk Pulih

Gambar

Komedian Tukul Arwana hingga kini masih berjuang memulihkan diri pasca mengalami pendarahan otak. Kini, lelaki kelahiran 16 Oktober 1963 itu menjalani serangkaian terapi agar bisa kembali seperti sedia kala.

"Update mas tukul alhamdulillah berangsur membaik berkat fisioterapi yang kita jalankan setiap hari terus fisioterapi di klinik yang seminggu 3 kali kita jalani alhamdulillah sangat berpengaruh untuk mas Tukul," ucap Kimon selaku juru bicara keluarga saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (11/1) malam.

5. Komunikasi Pakai Bahasa Isyarat

Gambar

Untuk komunikasi sendiri, Tukul saat ini melakukannya lewat isyarat dan belum bisa mengucapkan kata. Tapi, dia memahami saat ada yang mengajaknya berbicara.

"Komunikasi masih sama, pakai isyarat jempol kalau oke, ngangguk tapi setidaknya pemahaman beliau cukup baik," pungkasnya.