Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Tika Ramlan Sebut Pelaku Ekonomi Industri Kreatif Jadi Salah Satu Penyumbang Devisa Negara Terbesar

Selasa, 08 Februari 2022 07:17 WIB
Tika Ramlan Sebut Pelaku Ekonomi Industri Kreatif Jadi Salah Satu Penyumbang Devisa Negara Terbesar
Tika Ramlan soal pelaku industri kreatif © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Nama Tika Ramlan atau dulu dikenal dengan Tika T2 belakangan memang sudah jarang terdengar kabarnya. Tika saat ini memang tengah sibuk berorganisasi dan memegang jabatan sebagai Wakil Ketua Gerakan Ekonomi Nasional (Gekrafs).

Ditemui usai acara Anniversary ke 3 GEKRAFS di Gedung Kesenian Jakarta beberapa waktu lalu, Tika Ramlan menyampaikan bahwa bersama teman-teman di organisasinya akan terus mendorong industri kreatif. Pasalnya, menurut survei dan data yang dimilikinya, industri kreatif memiliki peran penting dalam perekonomian nasional.

"Di tiga tahunnya Gekrafs ini sebenarnya fungsi kita pengin kaya yang didalam sudah disampaikan bang Sandi (Menparekraf) ya. Kita ingin pelaku ekonomi kreatif ini lebih dilihat lebih dihargai karena menurut survei ternyata pelaku ekonomi kreatif itu salah satu bidang yang banyak banyak menyumbang devisa negara. Jadi kita visinya pengen banyak kegiatan yang bisa menunjang para pelaku ekonomi kreatif," kata Tika Ramlan.

1. Bertahan di Tengah Pandemi

Gambar

Dua tahun belakang industri kreatif ikut juga merasakan dampak Pandemi. Pun begitu para pelaku industri kreatif tidak menyerah begitu saja. Disampaikan Tika Ramlan, semua pelaku industri kreatif berinovasi untuk tetap bertahan dalam keadaan Pandemi.

"Ada juga industri fashion juga kriya dan kuliner juga. Dan di masa pandemi tugas pelaku ekonomi kreatif juga lebih berinovatif misalnya untuk musik kita bikin konser online. Mungkin ada yang sudah bikin konser offline tapi nonton di dalam mobil, itu salah satu inovasi yang kreatif juga. Fashion juga sudah banyak pula virtual Fashion show ya," terangnya.

2. Inovasi Pelaku Industri Kreatif

Gambar

Industri musik menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif yang menjadi sorotan. Ramainya konser online sebagai salah satu bentuk inovasi saat Pandemi dengan segala konsep yang disajikan mulai akrab bagi pecinta musik Tanah Air.

CEO SRN Entertainment yang juga Kabid Media Relation Gekrafs, Sonya Laoh Mendes, mengungkapkan bahwa hadirnya konser online yang dihadirkan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi nasional.

"Mewakili Gekraf dan SRN Entertainment sendiri kita lagi 2022 lagi banyak progam untuk konser musik online maupun offline hopefully bisa kerja sama memajukan ekonomi kreatif di daerah mungkin contohnya kita akan buat off air, mengajak pelaku ekonomi kertif di Setiap kota untuk edukasi tntang ekonomi kreatif dan mengelar konser yang akan digelar di setiap kota nanti," ungkapnya.

3. Bangkitnya Industri Kreatif Tanah Air

Gambar

Hal yang sama juga dikatakan oleh Ketua Umum Gekrafs Kawendra Lukistian. Dirinya mengaku optimis industri kreatif Tanah Air akan bangkit kembali. Apalagi, para pelaku industri kreatif bisa bertahan di era pandemi dan juga makin berinovasi.

"Ketika kolaborasi ini terjadi maksudnya gini menggerakkan ekonomi dalam kapasitas kolaborasi itu dan kita pastikan bahwa salah satu yang membuat kita optimis adalah ekonomi kreatif ini justru kita lihat bertahan di tengah pandemi. Artinya di mana kita bisa berpikir lebih out of the box dengan berbagai potensi yang ada, baik di tingkat provinsi cabang kita bisa lewati ini semua," kata Kawendra.