Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Tina Toon Digugat Rp 10,7 Miliar Dengan Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu 'Bintang', Engkan Herikan Tetap Pada Gugatannya

Selasa, 31 Agustus 2021 16:41 WIB
Tina Toon Digugat Rp 10,7 Miliar Dengan Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu 'Bintang', Engkan Herikan Tetap Pada Gugatannya
Tina Toon - Credit: instagram.com/tinatoon101

Kapanlagi.com - Sidang gugatan atas dugaan pelanggaran hak cipta lagu 'Bintang' terhadap artis Tina Toon baru saja digelar di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Selasa (31/8/20201). Sidang kali ini beragendakan replik dari pihak penggugat, yakni Engkan Herikan salah satu personel Anima band.

"Hari ini sidangnya agendanya adalah replik, replik dari kami sebagai penggugat terhadap tergugat dan turut tergugat," kata kuasa hukum Engkan Herikan, Valentino di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Selasa (31/8/2021).

Dalam persidangan dihadiri oleh semua pihak, yakni Engkan Herikan (penggugat), Tina Toon (tergugat), Sony Musik (turut tergugat), dan juga dari Universal (turut tergugat). Valentino mengatakan, pihaknya tetap dengan pendirian awal yakni menggugat Tina Toon Rp 10,7 Miliar atas dugaan pelanggaran hak cipta lagu.

"Intinya pada replik, kami menyampaikan bahwa kami tetap pada gugatan kami dan menampik seluruh bagaimana jawaban yang mereka tampik pada gugatan kami. Tadi tergugat satu tergugat dua tidak hadir, yang lain lengkap. Yang tadi hadir itu ada dari Sony, dari Universal, dari Wami, ada Agustina Hermanto (Tina Toon)," katanya.

"Intinya mereka juga tetap pada jawaban mereka dan juga mereka menyerahkan semua ke majelis hukum," sambungnya.

1. Sidang Dilanjutkan Dua Pekan Ke Depan

Sidang gugatan terhadap Tina Toon atas dugaan langgar hak cipta lagu akan dilanjutkan dua pekan ke depan dengan agenda pembuktian. Pada sidang selanjutnya, Valentino mengatakan pihaknya akan menjabarkan bukti-bukti terkait pelanggaran hak cipta lagu.

"Agenda selanjutnya dua minggu dari sekarang adalah pembuktian dari kita, nanti kita buktikan semua di persidangan," tutup Valentino.

2. Tina Toon Digugat 10,7 Miliar

Diberitakan sebelumnya, Tina Toon digugat 10,7 Miliar oleh salah satu personel Anima band yakni Engkan Herikan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Pasalnya, lagu Bintang yang dinyanyikan ulang oleh Tina Toon tidak ada nama Engkan Herikan sebagai pencipta lagu. Nama pencipta lagu tersebut diubah menjadi Basia Saritha Kaban dan Baros Roulette.