Bosan dengan berita itu-itu saja? Download Aplikasi Liputan6

Tips Keuangan Ala Raditya Dika: Mendulang Rupiah dari Kemampuan yang Kamu Miliki

Kamis, 19 Agustus 2021 23:30 WIB
Tips Keuangan Ala Raditya Dika: Mendulang Rupiah dari Kemampuan yang Kamu Miliki
Raditya Dika - Credit: Youtube/Raditya Dika

Kapanlagi.com - Buat kamu para generasi millenial atau bahkan generasi Z yang khawatir akan masalah keuangan, sebaiknya kamu tenang dulu. Kamu gak sendirian, KLovers. Ada jutaan penduduk Indonesia atau bahkan penduduk di negara lain yang juga punya kekhawatiran seperti kamu.

Sebenarnya, keuangan atau kekayaan itu bukan segalanya kok. Kamu masih bisa tetap berbahagia meski kamu tidak kaya raya. Kesehatan, keluarga yang harmonis, bisa menekuni hobi, dan memiliki waktu yang berkualitas adalah bentuk rezeki lain yang diberi Tuhan kepada kita, namun sederet rezeki tersebut nyatanya sering tidak kita sadari.

KLovers, meski kekayaan (kita sebut uang) bukanlah segalanya, tapi realita yang terjadi segalanya butuh uang. Nah loh, bingung kan? Nah jangan bingung dulu, mari kita baca artikel ini. Semoga dengan membaca artikel ini sampai selesai, rasa khawatirmu bisa berkurang ya.

Raditya Dika, melalui akun Youtube pribadinya membagikan sederet tips untuk mendatangkan uang. Bagaimana bisa? Jadi yang dimaksud di sini adalah bagaimana cara mengubah kemampuan menjadi pundi-pundi Rupiah yang datang kepadamu.

Di masa pandemi yang belum kunjung usai ini, banyak masyarakat yang mengalami kesulitan keuangan karena pemutusan hubungan kerja, penyesuaian upah, dan juga karena produksi yang tidak bisa maksimal. Artikel ini sedikit banyak mencoba menjawab kebingungan kalian yang mengalami masalah keuangan yang banyak dialami pada masa pandemi ini.

1. Cari Keahlian yang Kamu Penasaran Secara Intelektual

KLovers, tips pertama dari Raditya Dika adalah kamu harus mencari keahlian yang kamu suka. Dengan rasa suka, kamu akan melakukan keahlian tersebut dengan hati riang, dan menimbulkan rasa penasaran secara intelektual. Setelahnya, kamu bisa terus terdorong untuk belajar dan menjadi mahir di bidang keahlian tersebut.

"Dari kecil gue udah tau, gue mau jadi ahli di bidang menulis. Karena dorongan intelektual pada hal yang gue sukai, maka gue jadi mahir dan menjadikan penulis sebagai profesi gue," ujarnya.

2. Tahu Bahwa Keberuntungan Bisa Diciptakan

Raditya Dika menjadi orang yang percaya bahwa keberuntungan bisa diciptakan. Bagaimana bisa?

"Jadi caranya untuk beruntung adalah banyak-banyak bersiap. Tingkatkan skill, bekerja keras, buka networking dengan orang baru, minta tanggung jawab lebih di kantor," tutur Raditya Dika dengan penuh semangat.

3. Berhenti Menukar Waktu dengan Uang

Ayah dua anak ini juga menekankan pentingnya berbisnis (pasif income) karena waktu yang lebih tidak terikat dan memiliki keuntungan jangka panjang.

"Investasi, kepemilikan bisnis, property, harus jadi tujuan utama. Ini berarti kita yang masih menjadi karyawan, niatkan bekerja di perusahaan tersebut untuk belajar, dengan niat bahwa semua ilmu yang diambil dari proses bekerja akan diterapkan ke tujuan utama tadi," tuturnya.

4. Mencipatakan Media untuk Unjuk Kemampuan

Ayo KLovers, jangan ragu untuk sedikit 'pamer' skill-mu di media sosial. Menurut Raditya Dika, kita tidak akan pernah tau tentang siapa yang akan melihat kemampuan kita di internet. Siapa sangka, dengan melihat kemampuanmu, akan datang orang yang mengajak kerja sama untuk sebuah proyek dengan honor tinggi.

"Jangan pernah ragu untuk membuat podcast, menulis blog, dan membuat akun Youtube. Saat ini semua orang adalah medianya sendiri. Menjadi content creator hanya membutuhkan modal 0 Rupiah, misalnya untuk membuat konten pertama kamu di Instagram. Kita bisa menunjukkan skill spesifik di sosial media," ujar suami Anissa Aziza ini.

5. Fokus Menciptakan Nilai, Bukan Menciptakan Uang

Raditya Dika mengemukakan pendapatnya terkait nilai dan uang. Menurutnya, ada beberapa orang sukses yang bukan berpikir 'bagaimana kaya dari sini' tapi dari pola pikir 'bagaimana orang lain bisa dapat manfaat dari yang kita buat'.

"Uang hanya datang ketika kita memiliki nilai. Semakin tinggi nilai kita, semakin kita tak tergantikan, dan semakin tinggi uang yang akan datang. Nilai di sini bisa berbentuk sebuah solusi baru dan pertama dari permasalahan yang ada," ucap penulis buku Kambing Jantan ini.

6. Jangan Terjebak dengan Self-Serving Bias

KLovers, apakah kamu selalu menyalahkan orang lain atas kegagalanmu dalam suatu hal dan sebaliknya begitu bangga pada dirimu saat kesuksesan berhasil kamu raih?

"Self-serving bias adalah terlalu menyalahkan orang lain saat gagal dan terlalu menyanjung diri sendiri saat berhasil. Ini berbahaya. Hal ini membuat kita tidak berkembang dan tidak pernah tau kekurangan diri kita. Belajar dari kesalahan, bukan diam di tempat," sambungnya.

Nah itu adalah sedikit tips dari Raditya Dika soal bagaimana cara mengubah kemampuan yang kamu miliki menjadi pundi-pundi Rupiah. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa main ke kanal Youtube Raditya Dika ya KLovers!