Tumbuh Tumor di Pita Suara, Daniel Mananta Ketakutan Sampai Depresi

Rezka Aulia | Selasa, 22 Oktober 2019 22:07 WIB
Tumbuh Tumor di Pita Suara, Daniel Mananta Ketakutan Sampai Depresi

Kapanlagi.com - Sekira tiga tahun lalu tumbuh tumor jinak di pita suara Daniel Mananta. Sebagai seorang presenter yang pekerjaannya mengandalkan suara, hal tersebut tentu sangat menguncang mentalnya.

Karena penyakit tersebut, Daniel mengaku ketakutan sampai depresi. Beruntung semuanya berhasil dilewati setelah menjalani operasi dan perawatan.

"Depresi bukan karena tumornya, lebih ke identitas gue sebagai presenter. Ketika gue udah nggak bisa ngomong dan bukan presenter terkenal, identitas gue siapa? Gue bakal jadi siapa ke depannya? Itu yang bikin ketakutan," aku Daniel ditemui saat screening film SUSI SUSANTI: LOVE ALL di Plaza Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/10/2019).

1 dari 2 halaman

1. Kesehatan Mental

Daniel Mananta benar-benar terpuruk ketika muncul tumor jinak di pita suaranya. Sebelum menjalani operasi, terlebih dahulu ia menyehatkan mentalnya terlebih dahulu.

"Yang gue alami saat itu bukan kesembuhan suara dulu, tapi kesembuhan mental gue. Habis itu kesembuhan fisik. Kalau nanti sampai kejadian itu lagi, gue nggak akan sampai sedepresi itu," ujarnya.

2 dari 2 halaman

2. Dukungan Keluarga dan Teman

Dukungan Keluarga dan Teman © KapanLagi.com/Akrom Sukarya
Presenter Indonesian Idol ini bersyukur disaat-saat terpuruk karena penyakitnya, banyak dukungan dari orang terdekat. Tidak hanya keluarga dan istri, tetapi juga para teman dekat.

"Mereka support, apapun yang gue lakuin ketika depresi sampai hari ini adalah bonus. Gue ngebayangin kalau saat itu depresi dan nggak punya temen-temen, dan nggak ada yang nemenin di sekitar gue, mungkin nggak akan kayak sekarang bisa produseri film," tandasnya.

 

(kpl/abs/rna)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑