Uci Bing Slamet Pilih Peran yang Cocok

Erlin | 16 September 2004, 09:38 WIB
Uci Bing Slamet Pilih Peran yang Cocok

Kapanlagi.com - Uci Bing Slamet, belakangan ini mulai muncul kembali di layar kaca. Selain mendukung Meriam Belina dalam serial Bunda (produksi SinemArt), berperan sebagai pengasuh rumah yatim-piatu yang menjadi 'tokoh kunci' karena mengetahui siapa sebenarnya ibu kandung tokoh pengacara yang diperani Donna Olivia.

Menyusul Uci juga mendukung sinetron terbarunya Rapi Film yang berjudul Aku Ingin Hidup, "Saya bukannya tidak ingin main sinetron. Saya kan punya anak dan saya harus membagi waktu dengan anak saya yang kini sedang membutuhkan perhatian," katanya.

Selain anak, Uci mengaku selama ini jarang bermain sinetron karena peran-peran yang ditawarkan padanya tidak ada yang cocok. "Saya harus memilih peran yang cocok sesuai dengan karakter saya," imbuhnya.

Menurut perempuan kelahiran Jakarta, 16 April 1961, sebenarnya dirinya hanya bisa tampil dalam satu sinetron baru sekarang terpaksa merangkap dua judul berbarengan. Untungnya, porsi peranannya tak terlalu besar dalam serial Bunda, "Saya tidak ingin berkata sombong. Banyak yang datang memberikan peran untuk saya. Tapi saya kan punya kewajiban untuk membereskan satu-satu dulu," ujar puteri seniman besar Bing Slamet yang bernama asli Ratna Luciana ini.

Sifat profesionalisme tersebut ternyata memang ditanamkannya sejak lama. Wanita ini ingin keterlibatannya dalam satu sinetron bukan hanya asal lewat saja, tetapi ia ingin masyarakat dapat menikmati dan menghargai aktingnya. "Kalau saya harus syuting sampai tiga sinetron sekaligus, terus terang saya tidak sanggup," tandas artis yang pertama kali main film bersama Rano Karno dalam Kisah Cinta Tom & Jerry pada tahun 1980.

Mengenai anaknya yang diperolehnya dari hubungan di masa remajanya bersama rocker Bangun Sugito memang seperti diketahui Uci tak pernah menikah dengan Gito Rollies (bahkan sekarang Gito sudah beristerikan perempuan lain), tokh Uci tak pernah menuntut apa-apa. Ia bersikap pasrah menerima apa adanya.

Di luar kesibukan syuting atau menyanyi di studio teve ia memanfaatkan waktunya untuk bersantai bersama keluarga di rumahnya di Jl Arimbi, Tanah Tinggi, kawasan Senen, Jakarta Pusat, "Biasanya saya nonton teve atau baca buku." (dst/erl)

Editor:   Erlin