Ustad Zacky Dakwah Sambil Ngelenong

Darmadi Sasongko | 25 November 2011, 15:12 WIB
Ustad Zacky Dakwah Sambil Ngelenong
Kapanlagi.com - Tayangan Ngaji Bareng Wali di Trans7, selain menampilkan para personel Wali Band juga mendapuk Ustad Zacky menjadi salah satu bintangnya. Ustad muda yang baru saja menikah itu, berperan menjadi diri sendiri dan memberikan ceramah.

"Kapasitas saya sebagai ustad yang menjelaskan ke murid-murid pengajian bagaimana mengaplikasikan dan tafsir-tafsir ayat-ayat yang ada dalam Al-Quran," ujar Ustad Zacky saat ditemui di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Ustad yang juga pernah bermain dalam film Ayat-Ayat Cinta itu mengaku selain metode dakwah di masjid, banyak cara bisa dilakukan. Tentunya selama jalan dan tujuan yang dicapai benar.

"Berdakwah di lokasi pemulung merupakan berdakwah yang berbeda metode. Masuk ke dalam komunitas ini bagus. Orang sudah biasa ceramah di masjid, tapi kalau di tempat pembuangan sampah ini adalah hal yang unik. Kita juga pernah ceramah di komunitas ojek, tukang las. Yang terpenting bagaimana saat ini dakwah menjemput umat," ujarnya.

Selanjutnya, Ustad Zacky menceritakan, akan syuting dengan latar belakang cerita lenong. Tentunya hal ini dilakukan sambil berdakwah.

"Kebetulan saya orang Betawi. Saya pengin lenong punya sesuatu yang baru. Kalau selama ini kelucuan, pepesan kosong, saya punya tanggung jawab, lenong punya rasa baru. Porsinya 70-30 dan 70%-nya dakwah. Bagaimana orang melihat ada penyelesaian di dalam ceritanya. Insya Allah akan tayang di RCTI," katanya.

Lalu, seringkali tampil di layar kaca, apakah dia menjadi lebih enjoy? "Kalau lebih enak, ya alhamdulillah bisa menikmati semua. Ya semuanya tetap bisa menjalankan amanat yang sudah diberikan. Ketika dipercaya untuk ceramah di masjid alhamdulillah, dan ketika di tempat yang baru, itu sesuatu yang baru buat kita," pungkasnya. (kpl/adt/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko