Viky Sianipar Sajikan Persilangan Jazz

Darmadi Sasongko | 19 November 2011, 13:01 WIB
Viky Sianipar Sajikan Persilangan Jazz
Kapanlagi.com - Musisi Viky Sianipar mempersembahkan konser jazz yang dipadukan dengan aliran musik lain seperti rock, pop, blues, R and B hingga dangdut dalam konser Urban Jazz Cross Over 2011.

Konser yang berlangsung di kota Medan, Pekanbaru, Surabaya, Bandung dan mengakhiri perjalanannya di Jakarta pada Jumat (18/11/2011) tersebut berhasil menghibur sekitar 2000 penonton dengan 22 lagu yang diaransemen khusus dengan meramu alat musik modern dengan tradisional seperti seruling.

Konser dibuka dengan penampilan Syaharani yang menyanyikan lagu Elevation milik kelompok musik U2, dilanjutkan dengan penyanyi Raisa yang menyayikan Sweet Disposition milik The Temper Tram dengan iringan musik Viky Sianipar full band.

Penampil yang cukup memberi kejutan adalah penyanyi dangdut Ira Swara yang menyanyikan lagu Cinta Satu Malam milik Melinda dipadukan dengan lagu Don`t Cha dari kelompok Pussy Cats Doll yang diganjar penonton dengan tepuk tangan meriah.

Viky sebagai music director dalam konser itu juga berhasil membuat penonton bertanya-tanya pada awal Ira menyanyikan lagu milik kelompok musik rock Linkin Park berjudul In The End bersama penyanyi tenor Daniel karena intro lagu yang berbeda jauh dengan lagu asli.

Elemen kejutan tidak berhenti sampai di sana, karena menjelang akhir konser Kaka Slank tampil membawakan lagu Terlalu Manis dengan gaya blues yang tidak terlalu jazz.

Rasa jazz memang tidak terlalu muncul dalam konser tersebut, terlihat dari pemilihan lagu yang berasal dari penyanyi atau kelompok musik yang bukan beraliran jazz seperti lagu milik Bob Marley, Iwa K, Suede, Phantom Planet, Queen, B.o.B, Dewa 19, God Bless, maupun The Rolling Stone.

Namun hal tersebut tidak mengurangi antusiasme penonton untuk tidak beranjak dari Balai Kartini, lokasi konser tersebut digelar selama 2,5 jam, ditambah karena penyelenggara menyuguhkan efek visual canggih di atas panggung yang disesuaikan dengan lagu yang dimainkan.

Viky mengaku bahwa isi konser tersebut tidak ia hasilkan sendiri tapi bersama-sama dengan timnya.

"Saya tidak sendirian merancang konser ini, tapi bersama juga dengan tim, pada setiap kota kami juga membuat perubahan yang disesuaikan dengan psikologis penonton, misalnya perubahan urutan lagu," kata Viky pada jumpa pers seusai konser.

Kaka yang hanya tampil pada konser di Jakarta juga mengakui bahwa ia menikmati konser tersebut sejak proses kreatifnya.

"Tadinya saya bingung kalau konser jazz seperti apa cara menyanyinya, apalagi jarang bernyanyi tanpa kelompok musik saya, tapi saat proses kreatif ternyata menyenangkan dan saya juga bernyanyi dengan gaya blues seperti biasa," kata Kaka.

Selain Kaka, Syahrani, Raisa, Ira Swara dan Daniel, masih ada juga Firman Idol, David Naif, Krisyato mantan vokalis kelompok musik Jambrud, Ras Mohammad dan Once Mekel.

Konser Urban Jazz Cross Over 2011 merupakan pagelaran ketiga konser tersebut. (antara/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko