Viral di Twitter, Begini Kronologi Pelecehan Seksual yang Dialami Mian Tiara

Kistin Septiyani   | Jum'at, 24 Januari 2020 20:01 WIB
Viral di Twitter, Begini Kronologi Pelecehan Seksual yang Dialami Mian Tiara

Kapanlagi.com - Penyanyi sekaligus aktris Mian Tiara menjadi perbincangan hangat netizen setelah mengungkapkan pelecehan seksual yang dialaminya. Vokalis Simak Dialog ini membuat sebuah utas panjang di Twitter pada Kamis (23/1/2020) tentang kejadian tersebut.

Dalam tulisan yang ia buat, Tiara mengaku dilecehkan oleh salah satu aktor senior tanah air. Ia juga menjelaskan secara detail kronologi kasus tersebut.

 

 

1 dari 3 halaman

1. Memegang Paha

Kejadian tak mengenakkan tersebut beermula ketika Tiara membantu salah satu rekannya mengerjakan tugas akhirnya. Ia menjadi pemeran dalam film pendek karya rekannya tersebut bersama dengan beberapa aktor dan aktris lain. Dalam proses syuting inilah Tiara menerima perlakuan yang menurutnya tidak pantas.

Mia mengungkapkan, aktor senior yang tak disebutkan identitasnya tersebut mulai memegang bagian pahanya ketika mereka berdua berada di ruang rias.

“Kami melanjutkan obrolan kami. Pada saat itu hanya kami berdua di ruang rias. Saya duduk di sebelahnya dan mendengarkan ceritanya. Tiba-tiba dia menghadapkan kursinya ke saya dan mengelus paha saya begitu saja. Saya kaget tapi enggak bisa bereaksi apa-apa,” tulis Tiara di akun Twitter pribadiya @miantiara.

2 dari 3 halaman

2. Tindakan Pelecehan Lainnya

Tindakan Pelecehan Lainnya © instagram/miantiara
Tiara yang saat itu sudah merasa tak nyaman akhirnya menjaga jarak dengan sang aktor. Namun dalam sebuah sesi foto dengan para pemeran lain, Tiara terpaksa harus berdiri di samping sang aktor dan ia pun kembali menerima pelecehan dari seniornya tersebut.

"Akhirnya dia berdiri di sebelah saya. Si aktor senior memasukkan jarinya ke pinggir celana jins saya & memegang erat sambil menggantungkan tangannya ke celana saya. Saya merasa jijik, marah, terlanggar atas perbuatannya," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

3. Ungkapkan di Sosmed

Tiara mengungkapkan bahwa alasannya membeberkan kejadian tersebut di media sosial agar hal serupa tak lagi terjadi dan menimpa wanita lainnya. Manager Tiara, Abbe Rahman, menyatakan langkah tersebut dilakukan Tiara agar para korban menjadi lebih berani untuk mengungkapkan pelecehan yang mereka alami dan mencegah kejadian ini terulang kembali.

"Adapun mungkin (alasan) salah satu dia naikan ke media sosialnya supaya tidak terjadi hal yang sama dengan aktor/aktris lain. Karena nggak semua korban pelecehan berani langsung bicara, ada banyak faktor," tutur Abbe saat dihubungi via WhatsApp pada Jumat (24/1/2020).

(kpl/abs/TIN)


Reporter:  

Adi Abbas Nugroho

↑