Vlog Kontroversial, Coki Pardede & Tretan Muslim Mundur Dari Dunia Hiburan

Guntur Merdekawan | Kamis, 01 November 2018 15:52 WIB
Vlog Kontroversial, Coki Pardede & Tretan Muslim Mundur Dari Dunia Hiburan

Kapanlagi.com - Coki Pardede dan Tretan Muslim adalah duo stand up comedian yang dalam beberapa waktu terakhir ini sukses membuat jagad dunia maya heboh bukan main. Hal itu tak lepas dari postingan vlog di channel 'Last Hope Kitchen' milik Muslim. Ceritanya, pria berusia 27 tahun ini melakukan ekpresimen masak yang cukup out of the box, yakni memasak daging babi dengan campuran saus kurma. Pada video tersebut, Muslim mengundang Coki sebagai tester.

Aksi masak Muslim dan Coki itu ditanggapi beragam oleh netizen. Tanggapan tersebut ditujukan pada jokes-jokes satir yang bersinggungan dengan agama. Setelah mendapat kritik keras terus-menerus, Coki dan Muslim akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah video klarifikasi di akun Youtube Majelis Lucu Indonesia. Dan isi konten-nya sangat mengejutkan.

1 dari 4 halaman

1. Permintaan Maaf

Permintaan Maaf © Youtube / Majelis Lucu Indonesia
Pada sebuah vlog berjudul Debat Kusir: Episode Terakhir, Coki dan Muslim menyatakan permintaan maaf atas video mereka yang jadi kontroversi. Sebelum itu mereka juga menekankan bahwa konten tersebut dibuat atas inisiatif sendiri, alias tidak ada sangkut pautnya dengan MLI yang mereka naungi.

"Nah karena kita kemarin bikin ribut-ribut, hari ini, kita atas nama pribadi, kita minta maaf atas kegaduhan yang kita bikin kemarin. Karena itu berdampak sangat buruk kepada orang terdekat kami dan terutama MLI yang sebenarnya tidak ada sangkut pautnya," ujar Coki dan Muslim bergantian.

2 dari 4 halaman

2. Ancaman Pembunuhan

Ancaman Pembunuhan © Youtube / Majelis Lucu Indonesia
Muslim lalu sedikit bercerita mengenai ancaman-ancaman yang didapatkannya. Bahkan parahnya lagi, ancaman tersebut juga sampai ke orang-orang terdekatnya. Di situ Muslim merasa sedih.

"Sebagai orang yang haus ilmu, saya sangat berterima kasih apabila ada yang menegur dan menasihati saya. Tapi kata-kata makian, cacian, persekusi, menghalalkan darah saya, darah teman saya, bahkan ancaman pembunuhan terhadap saya, orang terdekat saya. Saya yakin hal tersebut tidak mencerminkan ajaran Islam. Tudingan bahwa saya telah menistakan agama saya sendiri, jujur itu sangat menyakitkan bagi saya," jelas Muslim.

3 dari 4 halaman

3. Pamit Dari Dunia Hiburan

Pamit Dari Dunia Hiburan © Youtube / Majelis Lucu Indonesia
Setelahnya, Coki dan Tretan mengeluarkan statement yang sangat mengejutkan. Mereka berdua memutuskan untuk pamit dari dunia hiburan. Mereka juga memilih untuk undur diri dari MLI yang telah membesarkan namanya.

"Mulai hari ini, saya Tretan Muslim dan saya Coki Pardede memutuskan untuk tidak lagi bergabung dengan Majelis Lucu Indonesia. Kita mundur dari MLI. Dan kami berdua juga akan menyatakan keluar dari dunia hiburan Indonesia, terutama stand up. Kami ingin memperdalam ilmu dulu, ilmu komedi dan lain-lain. Biar kami berdua fokus belajar untuk menjadi orang yang lebih baik," ujar keduanya bergantian.

4 dari 4 halaman

4. Semangat Toleransi

Selama ini, jokes Coki dan Muslim memang selalu membahas hal-hal yang sensitif, seperti agama. Sejatinya mereka mencoba untuk menyebarkan semangat toleransi kepada sesama pemeluk agama lain, namun dengan jokes-jokes yang memang sangat satir. Hal itu yang membuat keduanya sering dituding menghina agama.

"Cuma kami yakin bahwa semangat toleransi yang berusaha kami perjuangkan selama ini jangan sampai berhenti di sini. Kami yakin pasti akan ada orang-orang lain yang akan memperjuangkan dengan cara masing-masing untuk tetap bertoleransi, karena itulah yang kami perjuangkan. Maka dari itu kami sangat tertarik untuk bertemu ustaz dan pemuka agama untuk bertukar pikiran secara lansgung. Dan itu akan membuat pemahaman dan wawasan kami bertambah. Kami pamit," pungkas keduanya sambil meletakkan topi bertuliskan 'Majelis Lucu Indonesia' di atas meja.

Simak video lengkapnya di bawah..

(kpl/gtr)


Editor:  

Guntur Merdekawan

↑