Wanita yang Hina Provinsi Lampung Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Guntur Merdekawan   | Kamis, 20 Juni 2019 07:35 WIB
Wanita yang Hina Provinsi Lampung Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

Kapanlagi.com - Nama Andika Mahesa kembali jadi bahan perbincangan, namun kali ini bukan karena permasalahan cinta maupun ketampanan wajahnya. Eks personel Kangen Band itu malah sedang dipuji-puji karena keberaniannya dalam mengambil sikap tegas setelah muncul video seorang wanita yang menghina Provinsi Lampung.

Meski sang tersangka sebenarnya sudah minta maaf, namun Andika tetap memilih untuk membawa kasus ini ke jalur hukum. Pria yang dilabeli sebagai 'Babang Tamvan' itu pun mendatangi Polda Metro Jaya, ditemani oleh pengacaranya, Priyagus Widodo.

"Jadi hari ini, Selasa 18 juni 2019, jam 7-8, Pak Andika melaporkan ada pengguna IG dengan nama BL, seorang perempuan yang diduga melakukan tindak pidana pencemaran nama baik dan penghinaan ujaran kebencian sebagai mana pasal 27 dan JO pasal 28 JO Pasal 45 UU ITE dengan ancaman maksimal 6 tahun penjara. Karena penghinanya menyangkut masyarakat di Provinsi Lampung. Secara materi pak Andika yang mengetahui videonya, yang melihat, mendengar, mengalami sendiri bahwa pernah ditag juga, pernah minta maaf, tapi kan itu tidak menyelesaikan perkara," ungkap Priyagus, pengacara Andika di SPKT Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa (18/6).

 

1 dari 3 halaman

1. Kemarahan Warga Lampung

Kemarahan Warga Lampung Andika Mahesa / Credti: KapanLagi - Akbar Prabowo
Seperti diketahui, Andika memang lahir dan tumbuh besar di Bandar Lampung. Tak heran jika dirinya geram jika tempat tinggalnya dihina. Menurutnya, video yang dibuat wanita berinisial BL itu juga menyulut amarah seluruh warga Provinsi Lampung.

"Jadi gini. Biasanya biasalah netizen bla bla bla nggak pernah nanggepin. Tapi ketika dia ngomong di Lampung itu binatang buas, terus alergi. Di Lampung sana sebenarnya ada 31 suku loh, jadi harus diketahui juga tokoh-tokoh yang ada di kampung itu pada marah. Jadi mereka geram dan gue yang wakilin mereka di sini. Jadi gini loh, bercandanya yang lain kek, jangan kayak gini lah," sambung Andika di tempat sama.

2 dari 3 halaman

2. Biasa Dijadikan Meme

Biasa Dijadikan Meme Andika Mahesa / Credti: KapanLagi - Nurwahyunan
Tak bisa dipungkiri jika Andika sering jadi bahan lelucon warganet. Namun selama ini Ia tak pernah tersinggung atau marah. Namun untuk permasalah satu ini, ceritanya berbeda.

"Gue biasanya biasa aja dijadiin meme, tapi kalau untuk Lampung, gue gede di situ, ngelihat di hina kayak gitu, langsung marah lah. Karena kan di sana ada raja-raja Lampung yang ikut marah, ikut ngambek gitu kan ya. Denger lagi deh videonya, itu nggak pantas, apalagi mbaknya cantik," sambungnya.

3 dari 3 halaman

3. Minta Maaf Tak Cukup

BL disebut sudah minta maaf secara pribadi pada Andika. Bukannya tidak menerima, namun menurut pria berusia 36 tahun itu, BL seharusnya minta maaf pada seluruh warga Lampung, bukan dirinya seorang.

"Karena dia bawa Lampung. Lampung tuh bukan gue sendiri. Kalau dia minta maaf sama gue sendiri, dia salah. Coba lihat Provinsi Lampung wisatanya, perkembangan, pembangunannya, apalagi gubernurnya baru, apalagi sebentar lagi Lampung ulang tahun, hati-hati loh. Jadi liat aja postingan artis-artis Lampung di Hijau Daun, di The Potters, marah semua," pungkasnya.

(kpl/apt/gtr)


↑