Yuliana Fonataba, Presenter Baru SCTV Asal Papua Dengan Segudang Prestasi

Dhimas Nugraha | Jum'at, 23 Agustus 2019 19:20 WIB
Yuliana Fonataba, Presenter Baru SCTV Asal Papua Dengan Segudang Prestasi

Kapanlagi.com - Yuliana Fonataba, dara cantk berdarah Papua ini menceritakan perjalanan karirnya hingga akhirnya tergabug bersama SCTV. Yuliana atau yang akrab disapa Yuli ini terpilih setelah mengikuti casting yang diadakan SCTV di Jogjakarta.

"Kalau menurut saya, ini jodoh, jadi sebelumnya dulu Yuli pernah ikut Duta Muda Asean Indonesia perwakilan Papua, sempat ada kerja sama dengan SCTV sempat dikenalin dengan dunia presenting," kata Yuliana Fonataba.

"Lama-lama ikut MC, modeling dan akhirnya ikut casting di Jogja, di sana ada biro SCTV dan kebetulan lagi kuliah di sana. Lalu seminggu kemudian dikabari, 'Yul, kamu bisa nggak'? Tawaran ini nggak aku sia siakan.," sambungnya.

1 dari 3 halaman

1. Banyak Belajar Selama jadi Puteri Indonesia

Banyak Belajar Selama jadi Puteri Indonesia Yuliana Fonataba ©instagram.com/yuli_nella
Sebelum masuk ke SCTV, Yulina Fonataba sudah memiliki banyak pengalaman di berbagai kegiatan. Ia pernah menjadi Duta Muda Asean pada tahun 2017, dan menjadi perwakilan dari Papua di ajang Puteri Indonesia 2018.

Ia mengaku belajar banyak setelah berkompetisi di Puteri Indonesia. Tak hanya itu sja, dari Puteri Indonesia ini lah yang membuatnya bisa berdiri di posisi sekarang ini.

"Saya tahu ada casting news anchor ini dari grup Putri Indonesia, bahwa SCTV lagi cari news Anchor untuk wajah Papua. Selain itu, saya dapat banyak koneksi, banyak pengalaman, cara bicara, manner, attitude," paparnya.

2 dari 3 halaman

2. Jadi Tantangan Tersendiri

Jadi Tantangan Tersendiri Yuliana Fonataba ©instagram.com/yuli_nella
Terhitung sudah dua hari Yulina Fonataba sejak menjadi pembawa berita di SCTV. Perempuan yang kini masih menempuh pendidikan di Atmajaya Jogjakarta mengaku, bekerja sebagai news anchor adalah sebuah tantangan bagi dirinya.

"Pertama orang-orangnya welcome di kantor itu membuat nyaman, kedua jadi tantangan juga mempelajari hal yang baru karena jurusan aku teknik sipil, itu kan bertolak belakang banget ya," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

3. Hilangkan Grogi Dengan Nyanyi

Hilangkan Grogi Dengan Nyanyi Yuliana Fonataba ©instagram.com/yuli_nella
Yuliana Fonataba sempat merasa grogi dan gugup saat pertama kali menyiarkan berita. "Pertama kali berita di Sorong. Itu Grogi, gugup tapi harus yakin pasti bisa dan sebagai orang baru, aku banyak tanya," paparnya.

Meski masih baru, Yuli sudah punya cara dan trik khusus untuk mengurangi rasa grogi saat di depan kamera.

"Aku untuk menghilangkan grogi kalau salah-salah kata suka nyanyi, jadi kalau ada kata yang belibet, aku panjangin jadi seperti 'Semoga pemerintah memberikan' (dinyanyikan)," tandasnya.

(kpl/dan/dim)


Reporter:  

Dadan Deva

TOPIK TERKAIT
 
↑