Zul Zivilia Masih Bisa Hasilkan Uang di Balik Jeruji Penjara

Rezka Aulia | Senin, 23 September 2019 20:42 WIB
Zul Zivilia Masih Bisa Hasilkan Uang di Balik Jeruji Penjara

Kapanlagi.com - Sejak berstatus sebagai terdakwa dan menjadi tahanan pengadilan, vokalis band Zivilia, Zul harus menjalani kehidupan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang, Jakarta, sambil menunggu hasil keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Selama itu, Zul mengaku kondisi kesehatannya terjaga dengan baik. "Alhamdulillah baik, sehat walafiat," kata Zul ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (23/9).

Ia juga mengatakan bahwa kehidupan di lapas tidaklah seseram yang dibayangkannya dan juga banyak orang. Ia mengaku menjalani kehidupan di lapas dengan santai. "Ternyata penjara nggak seseram yang kita bayangkan," kata pemilik nama lahir Zulkifli itu.

1 dari 2 halaman

1. Andalkan Kemampuan Bermusik

Sebagai kepala keluarga, Zul juga mengaku tak takut harus kehilangan penghasilan, meski harus hidup dalam tahanan. "Karena saya masih punya keyakinan masih bisa menghasilkan," ucapnya.

Zul tak menjelaskan secara rinci cara dia mendapat pengahasilan dalam lapas. Namun sang istri, Retno Paradinah, bersedia mengungkap. "Di sana (di lapas) banyak yang senang musik, dia itu suka diminta bikin lagu, ada juga yang minta diajarin main alat musik. Ya, kata dia sih lumayan, karena kan dibayar," ujar Retno di tempat yang sama.

Zul ditangkap di apartemen Gading River View, Kelapa Gading, Jumat (1/3/2019). Zul ditangkap dengan barang bukti 8,5 kilogram narkoba jenis sabu dan 24 ribu butir pil ekstasi. Zul yang saat ini masih menghadapi persidangan, didakwa dengan pasal 114 ayat 2 juncto Pasal 112 ayat 2 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009.

2 dari 2 halaman

2. Berteman dengan Dhani dan Aris Idol

Berteman dengan Dhani dan Aris Idol © KapanLagi.com/Deki Prayoga
Selama mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang, Zul Zivilia mengaku kerap kongkow bareng Ahmad Dhani. Meski sama-sama musisi, pelantun Aishiteru itu mengaku tak pernah membahas soal musik dengan Ahmad Dhani.

"Musik, nggak. Ngobrol-ngobrol santai saja, nggak ada yang serius, becanda-becanda saja," ujar Zul.

Ahmad Dhani diketahui pada 13 Juni lalu dipindah ke LP Cipinang, Jakarta, setelah beberapa bulan menjalani masa hukuman di Rutan Meraeng, Surabaya atas kasus ujaran kebencian. Sedangkan Aris Idol ditahan lantaran kasus narkotika. Ia ditangkap polisi saat pesta sabu pada pertengahan Januari lalu.

"Aris Idol itu kebetulan satu blok sama saya, saya tiap malam ngobrol. Ngobrol soal hukuman, dan yang seru-seru saja," pungkasnya.

 

(kpl/dan/rna)


Reporter:  

Dadan Deva

↑