10 Program TV yang Cocok Untuk Anak, Nomor 7 Animasi Asal Indonesia

Editor KapanLagi.com | 22 Januari 2019, 16:58 WIB
10 Program TV yang Cocok Untuk Anak, Nomor 7 Animasi Asal Indonesia

Kapanlagi.com - Dari sekian banyaknya tayangan yang ada di televisi, tidak semuanya mengandung edukasi dan cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Anak-anak adalah peniru yang handal, setiap anak akan meniru apa yang diserapnya dari lingkungan, termasuk tontonan acara televisi. Hal tersebut membuat para orangtua bingung memilih acara televisi mana yang pantas ditonton untuk anaknya. Berikut 10 daftar acara televisi yang cocok untuk ditonton anak-anak:

1. Dunia Binatang (TRANS7)

Dunia Binatang adalah acara televisi yang tayang di Trans7 setiap hari senin sampai jumat pada siang hari. Program yang satu ini berisi mengenai kehidupan berbagai macam binatang. Mulai dari nama latin dari binatang, bagaimana binatang memproduksi, gaya hidup, dan metamorfosis. Acara ini semakin seru ditambah dengan narator Si Otan yang pandai menjelaskan dengan gaya yang lucu. 

2. Pada Suatu Hari (MNCTV)

Serial kartun dari Malaysia ini berkisah tentang dua orang cucu yang menginap di rumah kakek dan neneknya sehingga kakeknya suka berkisah cerita tentang hewan. Kisah ini dibuat sebuah teladan bagi anak-anak disetiap alurnya lewat penuturan si kakek, yang menceritakan sebuah dongeng yang penuh pembelajaran hidup bagi penontonnya. 

3. Laptop Si Unyil (TRANS7)

Unyil adalah boneka ikonik yang diciptakan oleh Pak Raden pada tahun 1980-an. Laptop Si Unyil adalah sebuah program acara yang menggali mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi, Unyil sering berkeliling ke pabrik-pabrik domestik hingga luar negeri, dan memberi tahukan bagaimana suatu produk yang sering kita konsumsi diproduksi. Unyil sendiri berperan sebagai pemandu yang akan bertutur dan bercerita pada pemirsanya mengenai apa yang sedang dibahas. 

4. Upin dan Ipin (MNCTV)

Upin dan Ipin adalah animasi asal Malaysia yang mengisahkan kehidupan sehari-hari disebuah kampung bernama Kampung Durian Runtuh. Upin dan Ipin memiliki banyak teman dengan banyak perbedaan, seperti suku, warna kulit, agama, tingkah laku, dan lain-lain. Tetapi dengan perbedaan itu semua mereka masih berteman baik dan saling toleransi. Program acara ini dibilang baik karena alur ceritanya memberikan pesan yang mendidik mengenai hal positif yang bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari anak-anak. 

5. Curious George (ANTV)

Kartun anak yang tayang di ANTV ini tokoh utamanya adalah seekor monyet bernama George, yang tinggal bersama pria bertopi kuning. Curious George adalah pilihan tepat untuk anak karena fokus mengajarkan pada hal yang bersifat mendasar. Misalnya mengenal angka, warna, dan bentuk suatu bidang. 

6. Bocah Petualang (TRANS7)

Si Bolang atau bocah petualang adalah salah satu program petualangan anak-anak di TRANS7. Program ini mencoba mendekatkan kembali anak-anak di seluruh Nusantara dengan alam dan budayanya. Bagaimana anak berinteraksi dengan alam, budaya, bermain dengan aneka ragam permainan tradisional, pengobatan tradisional, mengenal bahasa, hingga saling tolong menolong. Program yang satu ini sangat pas ditonton buat anak-anak. 

7. Kiko (RCTI)

Kiko adalah animasi buatan asli Indonesia yang mengisahkan seekor anak ikan mas koki yang sangat mandiri, walaupun ia anak tunggal. Kiko yang selalu riang memiliki empat sahabat baik yaitu Lola si ikan diskus, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin dan Poli si ikan cupang. Alur cerita kartun Kiko sangat dekat dengan kehidupan anak sehari-hari. Dalam serial kartun ini diciptakan karakter-karakter tokoh yang bersahabat dengan anak-anak, pemberani, suka menolong, dan baik hati. 

8. Sofia The First (MNCTV)

Salah satu kartun yang tayang di MNCTV ini cocok dikonsumsi anak-anak. Sofia merupakan seorang putri kecil yang akan memberi tahu tentang nilai-nilai sosial pada anak seperti persahabatan, kedamaian, dan beberapa pelajaran hidup lain. 

9. Tau Gak Sih (TRANS7)

Program ini cocok untuk segala umur. Tau Gak Sih akan mengajakmu berkeliling Indonesia untuk mengulik setiap kebudayaan di daerah yang disinggahi. Acara ini juga memberi pertanyaan yang belum semua orang mengetahui jawabannya, yang dijawab langsung oleh para ahlinya. 

10. On The Spot (TRANS7)

Salah satu program yang disiarkan Trans7 ini menampilkan peristiwa-peristiwa atau tingkah laku pelaku hiburan baik di Indonesia maupun di dunia. On The Spot adalah program dokumenter yang mengambil potongan klip video yang diambil dari situs youtube. Kemudian ada narator yang menjelaskan mengenai isi video tersebut. Yang unik dari acara ini adalah setiap tema berisi 7 video. Contoh video yang ditayangkan yaitu, 7 hewan terunik di dunia, 7 wisata favorit di Indonesia dan masih banyak lagi.

Nah itulah daftar acara televisi yang cocok untuk ditonton oleh anak-anak. Sebagai orangtua yang baik seharusnya memilih tontonan yang tepat untuk anaknya, memilih tayangan yang berbobot dan bernilai edukatif bagi perkembangan anak. Acara televisi nomor berapa yang menjadi favorit kamu?

(kpl/mel)

TOPIK TERKAIT