Fakta - Fakta Serial Kartun Doraemon yang Belum Kalian Ketahui

Editor KapanLagi.com | 21 Februari 2019, 21:21 WIB
Fakta - Fakta Serial Kartun Doraemon yang Belum Kalian Ketahui

Kapanlagi.com - Siapa sih yang tidak kenal dengan kartun “Doraemon” ? Si robot kucing yang bernama Doraemon dan memiliki kantung ajaib serba ada ini datang dari abad ke-22 yang kembali ke masa lalu di abad ke-20. Serial kartun ini selalu menghiasi layar televisi anda di pagi hari saat weekend. Kartun karya Fujiko F. Fujio ini dapat dikatakan salah satu manga dan anime yang tersukses di dunia.

Sederet karakter lain yang memiliki keunikan tersendiri, seperti Nobita yang dikenal cengeng dan selalu mendapat alat – alat canggih dari Doraemon, Shizuka si gadis pintar dan disukai oleh Nobita, Suneo dan Giant yang terkenal sering menjahili nobita, dan masih banyak lagi. Aksi – aksi mereka sering kali menghibur dan bikin para penonton gemas. Meski begitu, persahabatan mereka sangat erat loh.

Serial Doraemon ini tayang di Indonesia sejak 1988 dan masih eksis hingga saat ini. Terbukti, banyak anak yang lahir tahun 2000an mengenal karakter Doraemon. Dibalik ketenarannya, kalian pasti penasaran fakta – fakta apa saja yang ada di balik kartun Doraeman ini. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Menonaktifkan Doraemon

Doraemon ini merupakan robot kucing canggih yang memiliki sejuta alat canggih dan memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi. Namun, dibalik kelebihannya Doraemon juga memiliki kelemahan. Ia memiliki beberapa tombol yang berpengaruh dalam hidupnya. Tombol yang paling berpengaruh dalam hidupnya adalah tombol berwarna merah pada bagian ekornya. Jika tombol tersebut ditarik maka Doraemon tidak akan berfungsi lagi alias mati. Jadi, jangan sampai ada orang jahat yang tau tentang rahasia ini ya.

2. Sifat Nobita diturunkan dari kedua orang tuanya

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Nobita yang merupakan sahabat Doraemon. Nobita ini merupakan bocah laki – laki yang duduk di kelas 5 SD yang selalu meminta Doraemon untuk membantunya dalam segala hal. Doraemon yang memang datang ke abad 20 untuk membantu Nobita, akhirnya selalu mengeluarkan alat canggih untuk Nobita agar tidak kecewa. Ternyata, sifat Nobita yang kurang pandai dan ceroboh ini menurun dari kedua orang tuanya. Kurang pandai diturunkan dari ayahnya, dan sifat ceroboh diturunkan dari ibunya.

3. Nama guru Nobita

Pria berkacamata ini merupakan guru sekolah Nobita yang dikenal tegas. Guru Nobita sering kali menghukum Nobita dikarenakan Nobita sering dapat terlambat dan tidak memperhatikan apa yang diajarrkan sang guru alias tertidur ataupun melamun dalam kelas. Murid – murid kelas Nobita seringkali menyebutnya dengan ‘Pak guru'. Ternyaat, diketahui nama legkap sang guru adalah Eiichiro Senjou.

4. Siapa orang tua Dekisugi ?

Kemunculannya dalam serial Doraemon ini, Dekisugi membuat penonton bertanya – tanya dan tidak mengetahui latar belakang Dekisugi. Dekisugi dikenal pintar dan dekat dengan Shizuka.  Hal ini mebuat Nobita tidak menyukai Dekisugi. Kali ini penonton harus menyimpan keinginan tahuannya mengenai latar belakang Deksugi.

5. Suneo memiliki adik

Suneo merupakan teman kelas Nobita dan merupakan teman Giant yang sering menjahili Nobita. Namun, sering kali mereka bersama Nobita ikut berpetualang untuk menjaga perdamaian. Sebagai anak orang kaya, Suneo sering memamerkan mainan – mainan mewahnya kepada teman – temannya. Tidak banyak yang tahu, kalau ternyata Suneo memiliki adik laki – laki. Tidak banyak yang tahu tentang hal ini, dikarenakan memang adik Suneo jarang muncul karena tinggal bersama pamannya di Amerika Serikat. Nama adik Suneo adalah Sunetsugu Honekawa dan memiliki sifat sama persis seperti Suneo.

6. Karakter Ayah Shizuka yang berganti – ganti

Shizuka ini diketahui merupakan sosok perempuan cantik, pintar, dan berbakat dalam bidang musik yaitu violin dan piano. Shizuka merupakan karakter perempuan satu – satunya dalam lingkar pertemanan Nobita dan kawan – kawan. Keluarga Shizuka juga sering muncul dalam kartun ini. Kemunculan sosok ayah Shizuka memang tak sering muncul, namun kehadirannya jika dilihat dengan seksama kerap berganti – ganti. Dalam beberapa cerita, wajah ayah Shizuka pernah diperlihatkan dan tidak pernah sama.

Nah, dari fakta – fakta yang telah dipaparkan, mana yang paling menarik perhatianmu ?

Penulis: Nisa Arifia

 

(kpl/mag)