KPI Panggil Tiga Infotainment Terkait Pemindahan Makam Moerdiono

Adi Abbas Nugroho | 03 Desember 2012, 19:01 WIB
KPI Panggil Tiga Infotainment Terkait Pemindahan Makam Moerdiono

Kapanlagi.com - Menindaklanjuti laporan Poppy Dharsono atas pemberitaan beberapa Infotainment yang menyudutkan dirinya, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) memanggil tiga di antaranya yang memberitakan soal pemindahan makan almarhum Moerdiono 29 November silam. KPI memanggil Was-Was (SCTV), Selebrita Pagi (Trans 7), dan Insert (Trans TV).

"Pemberitaan tersebut merugikan kami sebagai warga negara karena melanggar prinsip jurnalistik dengan memuat berita yang tidak akurat dan tidak berimbang," kata Poppy saat dihubungi wartawan, Senin (3/12).

Sebelum melakukan pertemuan, KPI sempat melakukan investigasi perihal pemberitaan seputar pemindahan makam almarhum Moerdiono dari TMP Kalibata ke Malang, Jawa Timur, oleh Poppy. Dalam investigasi itu, KPI menemukan beberapa kelemahan teknik dalam pembuatan berita yang dilakukan. Dan dalam kesempatan itu KPI memutuskan agar ketiga Infotainment itu memberi kesempatan Poppy untuk memberikan hak jawab.

"Solusi dari kami adalah pihak terlapor dalam hal ini SCTV, Trans 7 dan Trans Tv yang kebetulan tayangannya diproduksi Indigo Production, agar membuat slot hak jawab untuk Poppy Dharsono. Selebihnya tinggal pihak pelapor dan terlapor berunding," ujar Nina Muthmainah, ketua Komisi bidang penyiaran KPI.

Poppy juga menjelaskan dari mediasi tersebut, direkomendasikan pada ketiga infotainment untuk memuat hak jawab atas pemberitaan. Hasil pertemuan dan mediasi itu akan dibawa dan dibahas dalam rapat pleno KPI untuk diambil keputusan. (kpl/hen/abs/dew)

Editor:   Adi Abbas Nugroho