Siapa Akan Menjadi Indonesian Idol Pertama ?

Darmadi Sasongko | 03 September 2004, 22:39 WIB
Kapanlagi.com - Sabtu (4/9) akan diketahui siapa yang akan menjadi Indonesian Idol pertama, Delon atau Joy ?. Yang jelas pemenangnya berhak mendapatkan hadiah utama berupa rekaman album solo pertama.

Saat ini keduanya memang sudah sama-sama rekaman untuk lagu andalan Karena Cinta ciptaan Glenn Fredly. Namun hanya lagu sang pemenang yang mengisi dalam album tersebut.

Hal ini dibenarkan Arif Budiman, media relations Fremantle Media. "Memang kita belum tahu siapa yang berhak membawakan lagu Glenn ini. Tapi untuk persiapan rekaman sudah dilakukan oleh keduanya. Nanti setelah tahu pemenangnya, kita tinggal masukkan saja ke albumnya," kata Arif praktis.

Masih menurutnya kiat seperti itu memang perlu dilakukan. Sebab album itu dijadwalkan sudah harus beredar di pasaran mulai tanggal 20 September mendatang, hanya dua pekan setelah pengumuman pemenangnya.

Sebagai perusahaan rekaman, tak kepalang tanggung BMG langsung melemparkan ke pasaran sebanyak 150.000 keping. Itu artinya penghargaan platinum bisa langsung disabet. "Kami punya keyakinan besar kalau album baru ini akan laris di pasaran," ramalnya.

Sementara sang pemenang kedua tetap akan mendapat kesempatan rekaman tapi BMG baru akan membuatkan album solo pada tahun berikutnya. Padahal di Amerika, baik juara pertama dan runner up sama-sama membuat album rekaman.

"Yang pasti album pemenang dan runner-up akan memiliki konsep yang berbeda. Untuk pemenang dia berhak mendapatkan yang lebih baik," ujar Arif tanpa merinci di mana kelebihan dan kekurangannya.

Meskipun malam Grand Final telah usai, tapi urusan tarik suara memang harus terus diasah. Sebab mereka masih harus unjuk kemampuan di ajang Cafe to Cafe Battle yang digelar hari ini. Sesuai dengan undian, Jumat malam ini Joy kebagian menyanyi di Embassy dan Delon di Barca Cafe, Cilandak Town Square. Kendati tampil di dua tempat berbeda, namun waktunya bersamaan.

Masing-masing finalis akan menyanyikan tiga lagu. Joy membawakan; Sinaran, Whatever Whenever dan Seberapa Pantas. Sedangkan Delon mendendangkan lagu idolanya Josh Groban (You Raise Me Up), plus Sakura dan Jejak Langkah. (dis/dar)

Editor:  

Darmadi Sasongko