Tobot: Robot Transformer dari Korea, Berikut Daftar Nama dan Kekuatan Mereka

Editor KapanLagi.com | 12 Maret 2019, 11:33 WIB
Tobot: Robot Transformer dari Korea, Berikut Daftar Nama dan Kekuatan Mereka

Kapanlagi.com - Kemunculannya kartun ‘Tobot' sejak tahun 2010 di Korea Selatan mulai digemari dan berhasil menjadi mainan populer pada tahun 2013 mengalahkan Lego. ‘Tobot' sendiri memiliki berbagai macam jenis robot yang bisa berubah menjadi kendaraan. Transformasi yang dilakukan yaitu dengan mengaktifkan kunci khusus yang disebut Tokeys. Untuk mengenal robot apa saja sih yang ada dalam kartun ‘Tobot', berikut penjelasannya!

1. Tobot X, Tobot Evolution X, Tobot Adventure X

Tobot X ini merupakan robot berwarna kuning yang dapat berubah menjadi mobil berjenis Kia Soul yang juga berwarna kuning yang memiliki pemilik bernama Ryan. Tobot X dapat di-upgrade ke Tobot Great X yang berwarna merah dan biru, memakai helm, serta memiliki meriam lengan. Tobot Evolution X merupakan peningkatan pertama yang disebut MPV futuristik. Versi ini dapat ditingkatkan menjadi Tobot X Shield-On, yang berubah warna menjadi abu – abu dan merah. Tobot Adventure X adalah upgrade kedua dari Kia Soul. Robot jnis ini dapat menggunakan beberapa alat pembantu, seperti kait penarik untuk membantu tobot lainnya jika membutuhkan bantuan.

Tobot XTobot X

2. Tobot Y, Tobot Evolution Y, Tobot Adventure Y

Tobot Y merupakan jenis robot yang dapat bertransformasi menjadi Kia biru K3 / Forte / Cerato Koup yang merupakan robot penjaga dari Kory. Robot jenis ini adalah yang tercepat dari tobot lainnya, serta dapat berbicara dengan cepat. Tobot Evolution Y merupakan jenis upgrade pertama yang dapat berubah menjadi mobil sport dengan ukuran yang lebih ramping. Robot jenis ini dapat di-upgrade menjadi Tobot Y Shield-On, berwarna putih, emas, dan merah. Tobot Adventure Y  adalah  merupakan upgrade tingkat dua yang dapat berubah menjadi helikopter berwarna biru.

3. Tobot Z, Tobot Adventure Z

Tobot Z ini merupakan robot yang dapat bertransformasi menjadi mobil Kia Sportage R berwarna merah. Tobot Z ini dimiliki oleh anak bernama Dylan. Tobot Adventure Z merupakan upgrade yang berubah menjadi Kia Sorento R berwarna merah.

4. Tobot W, Tobot Mach W

Tobot W ini merupakan mobil berjenis Kia Ray berwarna putih dan ungu. Tobot W ini memiliki pemilik bernaa Nathan. Tobot jenis ini merupakan robot terbang pertama. Dalam mode robot, dada Tobot W dapat terbuka dan menampilkan layar proyektor. Robot ini dapat meningkatkan kekuatan ke mode Anti-Flame Tobot, berwarna biru dan oranye. Tobot Mach W adalah peningkatan peningkatan yang berubah menjadi jet tempur berwarna biru dan oranye.

5. Tobot D

Tobot D merupakan jenis transformasi mobil berjenis Kia Morning / Picanto hijau muda yang nama pemiliknya adalah Dolly. Robot ini tidak memiliki senjata, tetapi memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan memiliki kekuatan untuk mencari yang kuat. Tobot D awalnya menderita gagap karena cacat pada chip Mindcore-nya, tetapi dengan cepat disembuhkan dengan bantuan Dolly dan teman-temannya.

6. Rescue Tobot C

Sebuah mobil sedan polisi Kia K3 / Forte / Cerato yang dimiliki oleh Hera. Robot ini sering berbicara seperti dia sedang menggunakan komunikator, dan mengakhiri kalimatnya dengan "Over. Tssh."

7. Rescue Tobot R

Robot jenis ini adalah sebuah mobil pemadam pertama yang dikemudikan oleh Profesor Noh dan kemudian digantikan oleh Neon. Tobot R sering bertindak sebagai reporter dan melakukan laporannya kepada audiens.

8. Tobot Zero

Truk derek Kia Bongo / K2700 putih yang merupakan robot yang dimiliki oleh Limo. Tobot ini adalah tobot pertama. Awalnya Tobot Zero adalah penjahat, tetapi akhirnya ia  kembali bersama dengan Limo da menjadi baik.

9. Tobot Adventure Taekwon K

Sebuah jip militer berwarna hijau yang dimiliki oleh Su-ho. Seperti Su-ho, Taekwon K adalah penguasa taekwondo.

10. Tobot Adventure Teracle

Tobot jenis ini adalah traktor jenis yang digunakan untuk pertanian berwarna hijau dan oranye yang dimiliki oleh Nokwon. Sebagai triple-changer, Terracle juga berubah menjadi sebuah tank.

11. Adventure Cargo

Sebuah van pengiriman Kia Grand Carnival / Sedona putih dengan atasan camping yang merupakan wali Pyodol. Dalam mode kendaraan, Tobot Adventure Cargo dapat beralih ke mode melayang. Dalam mode robot, bagian atas camping berubah menjadi papan selancar. Ia juga ahli dalam Tai Chi (ilmu bela diri asal China).

Nah, selain jenis – jenis robot diatas, juga ada robot integrasi yang merupakan kombinasi dari jenis robot – robot di atas, salah satunya adaah Titan yang merupakan kombinasi dari Tobot X dan Tobot Y. Ada juga jenis Tobot Athlons yang merupakan next generation dari Tobot. Tobot Athlons berfungsi untuk melindungi kota dari bahaya dan juga sering diigunakan untuk mengikuti lomba racing. Nah, selain itu juga terdapat Chocobot yang merupakan robot anjing yang dimiliki oleh Profesor Noh dan Bikerbots yang merupakan jenis robot kendaraan bermotor.

Penulis: Nisa Arifia

 

 

 

(kpl/mag)

TOPIK TERKAIT