Simply Red

Simply Red adalah band asal Inggris beraliran British soul yang terbentuk sejak tahun 1985. Sejak awal terbentuknya hingga saat ini, Simply Red berhasil menjual albumnya lebih dari 50 juta keping. Beberapa hitsnya yang melegenda antara lain Say You Love Me, Something Got Me Started, Stars dan Home. Pada tahun 2010 band ini memutuskan untuk bubar. Saat bubar, Mick Hucknall sebagai vokalis adalah satu-satunya personil yang bertahan sejak awal band ini terbentuk.

 

KARIR
Terbentuknya Simply Red berawal dari hubungan pertemanan antara Mick Hucknall dengan Elliot Rashman sang manajer. Saat itu Hucknall dan Rashman sedang mencari personil untuk membentuk sebuah band dan membuat album. Hucknall yang berambut merah saat itu menyebut nama bandnya dengan nama Red. Dalam suatu pertunjukan dimana Red manggung untuk pertama kalinya, panitia acara salah mencantumkan nama band Hucknall dan kawan-kawan menjadi "Simply Red". Sejak itu, mereka menggunakan nama Simply Red.

 

Formasi awal Simply Red terdiri dari  Mick Hucknall (vokal), David Fryman (gitar), Tony Bowers (bass), Fritz McIntyre (keyboards dan vokal), Tim Kellett (brass dan live backing vokal), dan Chris Joyce (drum). Tahun 1985 band ini menandatangani kontrak dengan label Elektra untuk membuat album. Setelah merekam lagu Red Box, Fryman keluar dari band dan posisinya digantikan oleh Sylvan Richardson.

 

Simply Red kemudian merilis single pertama mereka, Red Box dan dilanjutkan dengan single kedua mereka, sebuah lagu daur ulang dari The Valentine Brothers berjudul Money's Too Tight (To Mention). Kedua single ini tidak hanya meraih sukses di Inggris namun juga di Irlandia, Amerika, Prancis dan Belanda. Kedua single ini terdapat dalam album pertama mereka berjudul PICTURE BOOK. 

 

Dua tahun kemudian, mereka mengeluarkan album kedua yang diberi judul MEN AND WOMEN. Dalam album ini Simply Red mengubah gaya penampilan mereka dengan pakaian yang lebih berwarna-warni dan menggunakan bowler hats sebagai ciri khas mereka. Sedangkan soal musik, dalam album kedua ini suasana blue-eyed soul jauh lebih terasa dibanding dengan album sebelumnya. Hucknall juga bekerja sala dengan penulis lagu kenamaan Lamont Dozier dalam dua lagu di album ini. Single andalannya, The Right Thing berhasil menjadi hits internasional di tangga lagu Eropa dan Amerika Utara.

 


Tahun 1989, Simply Red kembali menggarap album ketiga mereka berjudul A NEW FLAME. Heitor Pereira saat itu masuk menggantikan Richardson yang keluar tak lama setelah merilis album kedua. Dalam album ini Simply Red mengaransemen ulang lagu If You Don't Know Me By Now milik Harold Melvin. Tak disangka lagu ini meraih sukses di seluruh dunia dan termasuk salah satu hits Simply Red yang paling dikenal.

 

Kesuksesan Simply Red membuat Hucknall dielu-elukan layaknya seorang supersatr. Sayangnya ketenaran ini berdampak buruk bagi keutuhan Simply Red. Dalam sebuah wawancara, Hucknall sempat menyatakan bahwa Simply Red sejatinya adalah sebuah proyek solo. Pernyataan ini membuat Bowers dan Joyce berang dan seketika mengundurkan diri dari band. Tak lama kemudian, Shaun Ward mantan bassis Floy Joy dan Everyday People dan Gota Yashiki masuk menggantikan Bowers dan Joyce. Pergantian personil tidak membuat ketenaran Simply Red menurun. Tahun 1991, mereka justru semakin melejit dengan dua singlenya, Stars dan Something Got Me Started.

 


Tahun 1995, Simpy Red merilis album FAIRGROUND dengan lebih banyak memasukkan track yang dance-able. Perubahan ini ternyata direspon positif oleh penggemar yang dibuktikan dengan penjualan album yang melebihi satu juta keping di Inggris.

 

Sejak tahun 1996, Simply Red semakin terkenal dengan istilah formasi 'Hucknall and friends' karena seringnya Simply Red berganti-ganti formasi band dengan menyisakan Hucknall sebagai vokalis dan pendiri band. Pada tahun ini mereka merilis album kompilasi THE GREATEST HITS yang berisi 15 lagu baru dengan satu lagu baru berjudul Angel yang pernah populer dinyanyikan oleh Aretha Franklin pada tahun 1973.

 

Tahun 1998, Simply Red mengakhiri kontraknya dengan labelnya. Hucknall kemudian membentuk label sendiri yang menangani beberapa proyek rekaman, tur dan konser Simply Red dan band-band lokal.  Lima tahun kemudian, Simply Red merilis album HOME yang banyak berisikan lagu daur ulang. Salah satu yang terpopuler adalah lagu You Make Me Feel Brand New milik The Stylistics. Album ini berhasil meraih dobel platinum di Inggris, emas di Kanada dan platinum di Eropa. Dua hits lainnya yang juga merajai tangga lagu dunia adalah Sunrise dan Fake.

 


Tahun 2007, Simply Red merilis album kesepuluh mereka yang berjudul STAY. Setelah dua tahun melakukan tur promo, pada tahun 2009 Hucknall menyatakan bahwa STAY adalah album terakhir bagi Simply Red dan band ini akan membubarkan diri pada tahun 2010.

 

DISKOGRAFI

 

1985 PICTURE BOOK
1987 MEN AND WOMEN
1989 A NEW FLAME
1991 STARS
1995 LIFE
1998 BLUE
1999 LOVE AND THE RUSSIAN WINTER
2003 HOME
2005 SIMPLIFIED
2007 STAY

Lebih Lengkap