Sunggyu Infinite


Sunggyu adalah leader dari boy band Infinite. Ia dikenal sebagai leader yang bertanggung jawab dan dewasa. Demi mengembangkan jiwa kepemimpinannya, ia rela membaca banyak buku tentang kepemimpinan dan buku-buku berat lainnya. Ia termasuk tipe leader yang perfeksionis. Hal itu dibuktikan ketika Infinite latihan koreo, Sunggyu sangat tahu di mana kesalahan anggotanya saat menari.

 

Sifat perfeksionis Sunggyu juga terlihat dari pola hidupnya yang sehat. Ia sangat rajin mengonsumsi vitamin demi menjaga tubuhnya agar fit terus. Ia juga dikenal sebagai leader yang sabar. Ia jarang sekali marah terhadap anggota yang lain. Tapi, jika ada member yang melakukan kesalahan, ia bisa sangat cerewet.

 

Sunggyu merupakan anggota yang paling mahir berbahasa Cina karena ia sudah mempelajarinya selama 5 tahun. Terkenal sebagai seorang yang pekerja keras, ia malah dijuluki 'Grandpa' atau si Kakek karena ia selalu tampak lelah.

 

Sunggyu ini juga sangat terobsesi untuk menjadi center di grupnya. Pernah di salah satu variety show, Sunggyu berkata pada member lain, "Hei, biarkan aku menjadi center hari ini dan saat bagianku nanti sebaiknya kalian diam". Ada-ada saja leader satu ini.

 

Semua anggota Infinite tahu bawa Sunggyu adalah orang yang Introvert. Sungyeol dan Woohyun Infinite mengatakan bahwa Sunggyu selalu mendengarkan dan memecahkan masalah yang mereka miliki, sehingga mereka bisa tetap solid sampai sekarang. Sunggyu selalu mengayomi dan memberi nasihat setiap ada perselisihan antar member. Sungyeol juga menambahkan kalau Sunggyu selalu menyimpan rahasianya, terutama rahasia yang dapat menyakiti member lain dan memilih untuk menyimpannya sendiri.

 

Mendapat pujian dari member lain, Sunggyu tetap rendah hati dengan berkata "Bukan karena aku leader yang baik, tapi berkat semua member yang baik dan mau menurut padaku aku bisa menjadi leader yang baik". Dia juga menambahkan "Ini rahasia, aku bukanlah orang yang suka orang lain ikut campur dengan masalahku. Aku lebih suka jika member lain dapat bergantung padaku tapi aku tak ingin mereka merasa aku harus bergantung pada mereka", memang leader sejati Sunggyu ini. Heechul Super Junior yang merupakan teman dekat Sunggyu pernah berkata dalam satu wawancara "Dari awal Sunggyu selalu membawa beban sendiri, baik sebagai vokalis utama, kakak tertua, dan juga sebagai leader Infinite.


Karir
Dari remaja, Sunggyu sudah tertarik dengan musik. Hal itu dibuktikan saat dia SMA, ia memiliki sebuah band bernama "Coma Beat". Namun, cita-citanya untuk menjadi seorang penyanyi ditolak oleh Sang Ibu karena beliau ingin anaknya memiliki hidup yang normal, dan jika Sunggyu tetap ngotot lebih baik ia pergi dari rumah.

 

Walau Ibunya menentang, Sunggyu tetap rajin berlatih secara diam-diam dan setelah lulus SMA, ia pergi ke Seoul untuk meraih mimpinya. Di tahun 2007, dia mengikuti audisi di SM Entertainent namun gagal, begitu juga di tahun 2008.

 

Berkat kekagumannya terhadap band Nell, dia mengikuti audisi di Woolim Entertainment atas rekomendasi dari manajer Nell yang ia temui di kafe tempatnya bekerja. Dalam kondisi perut yang sakit, ia tetap mengikuti audisi dan dengan lantang mengancam mereka dengan berkata "Jika kalian tidak memilihku, aku akan mengganggu kalian selamanya". Setelah itu, ia dilarikan ke rumah sakit dan menjalani operasi usus buntu.

 

Setelah keluar dari rumah sakit, ia mendapat kabar bahwa ia lolos audisi. Pada awalnya, Sunggyu ingin berkarir di band musik rock, tapi ia dipilih untuk menjadi peserta pelatihan untuk grup Infinite di mana ia menjadi leader sekaligus vokalis utama.

 

Walau sempat diejek oleh teman-teman sekolahnya, ia percaya bahwa ini adalah ujian untuk membuatnya semakin kuat. Akhirnya, pada 9 Juni 2010, ia memulai debutnya bersama Infinite dengan single "Come Back Again" di mana sebelumnya ia pernah bermain gitar dalam musik video Epik High "Run".

 

Di tahun 2011, Sunggyu bersama member Infinite Sungyeol dan Sungjong menjadi DJ dalam SUPER JUNIOR'S KISS THE RADIO karena Leeteuk dan Eunhyuk sedang keluar kota. Mereka menjadi DJ dari tanggal 24 Oktober sampai 30 Oktober. Kemudian, di tahun 2012 Sunggyu memulai debutnya sebagai aktor bersama Woohyun dalam musikal "GWANGHAMUN SONATA".

 

Pada Mei 2012, Sunggyu dikabarkan akan mengikuti IMMORTAL SONG 2 bersama Super Junior Ryeowook. Penampilan pertamanya yaitu pada 23 Juni namun, karena harus melakukan promosi di luar Korea, ia mengakhiri penampilannya di IMMORTAL SONG 2 pada 25 Agustus.

 

Sunggyu merupakan anggota Infinite pertama yang mengeluarkan album solo bertajuk ANOTHER ME. Dalam album ini, Nell Kim Jongwan mengkompos single Shine yang merupakan hadiah untuk Sunggyu. Sunggyu juga ikut berkontribusi dalam penulisan lirik untuk single 41 Days dalam album ini.

 

Walau hanya dipromosikan selama tiga minggu, album ini cukup diterima masyarakat dan meraih penjualan album terbanyak pada bulan November dengan jumlah 62.958 kopi. Album ini juga masuk dalam tangga penjualan album tahunan Gaon Chart dengan peringkat 22. Di tahun 2013, hampir di setiap bulan, ANOTHER ME masuk dalam Top 100 penjualan album bulanan Gaon. Sampai Mei 2014, album ini telah terjual sebanyak 87.047 kopi.

 

Di tahun 2013, Sunggyu membintangi variety show HIGH SOCIETY 2 bersama Super Junior Shindong dan menjadi cameo dalam sitkom A BIT LOVE. Lalu dilanjutkan membintangi program reality THE GENIUS: RULES OF THE GAME.

 

Pada September 2013, Sunggyu bersama L Infinite menjadi bintang tamu dalam variety show RUNNING MAN dan THE SEA I WANTED. Di bulan Oktober, ia melakukan duet dengan seorang rapper Kanto dalam single "What U Want" yang merupakan debut kolaborasi awalnya. Pada Desember 2013, ia kembali menjadi bintang tamu pada RUNNING MAN episode 179.

 

DISKOGRAFI
Soundtrack
2012 MBC WHAT IS MOM "She's a fantasy" bersama Infinite
2014 TELEMONSTER "Monster Time" bersama Infinite
2014 GROW: INFINITE'S REAL YOUTH LIFE "Together" bersama Infinite


Kolaborasi
2013 What You Want bersama Kanto
2014 To Me bersama Yoon Sang

 

Solo
2011 Because
2012 ANOTHER ME
2014 Light

 

FILMOGRAFI
Drama
2012 THE THOUSANDTH MAN (cameo)
2013 PURE LOVE

 

Film
2012 INFINITE CONCERT SECOND INVASION EVOLUTION THE MOVIE 3D
2014 GROW: INFINITE'S REAL YOUTH LIFE

 

Musik Video
2010 Run oleh Epik High
2013 What You Want oleh Kanto
2014 Goodnight Like Yesterday oleh Lovelyz

 

Variety Shows
2010 CHILDREN OF THE NIGHT
2010 YOU ARE MY OPPA
2010 SCANDAL
2011 SESAME PLAYER
2011 BIRTH OF FAMILY
2012 RANKING KING
2011-2013 WEEKLY IDOL
2012 IMMORTAL SONG 2
2013 HAPPY TOGETHER 3
2013 HIGH SOCIETY
2013 RADIO STAR
2013 THE GENIUS: RULES OF THE GAME
2013 INFINITY CHALLENGE
2013 & 2014 RUNNING MAN
2013 THE SEA I WANTED
2014 THIS IS INFINITE
2014 THE GENIUS 2: RULE BREAKER
2014 HAPPY TOGETHER 3
2014 WE GOT MARRIED
2014 CRIME SCENE
2014 THE KING OF FOOD

Lebih Lengkap