Taio Cruz

Taio Cruz lahir di London, 23 April 1983. Ayahnya berasal dari Nigeria sedangkan ibunya berdarah Brazil. Cruz menempuh pendidikan di Bilton Grange, sebuah preparatory school di Rugby, Warwickshire. Taio Cruz tidak hanya dikenal sebagai pencipta lagu, tapi juga produser, rapper, penyanyi dan pengusaha.


KARIR
Taio Cruz mulai menulis lagu sejak umur 12. Di umur 19, ia mendapat penghargaan Brit Award atas lagu yang ditulisnya, Your Game. Tahun 2006 ia mendirikan Rockstarr Music London dengan singlenya I Just Wanna Know. Single ini kemudian didengar oleh Jamie Binns, manajer artis yang kemudian mengajak Taio Cruz bekerja sama.

Meskipun single I Just Wanna Know berhasil meraih sukses di sejumlah radio di London, namun single ini tidak begitu diterima di tempat lain. Pihak label hampir membatalkan deal album dengan Cruz, namun setelah mendengarkan lagu-lagunya yang lain, mereka tetap menaruh kepercayaan pada Cruz.

Tahun 2007, Cruz merilis single keduanya berjudul Moving On. Maret 2008, ia berduet dengan Luciana dalam single berikutnya berjudul Come On Girl. Kedua single ini ada di album pertama Cruz, DEPARTURE.

Tahun 2009 Cruz kembali melejit melalui singlenya Break Your Heart yang dirilis 14 September 2009. Single ini bertahan di puncak tangga lagu Inggris selama 3 minggu.

Di tahun yang sama, Cruz berencana melebarkan sayap ke pasar Amerika. Untuk itu, Ia menggandeng rapper Amerika, Ludacris. Cruz kemudian merilis single No Other One dan Dirty Picture (feat Ke$ha). Singlenya yang berjudul Dynamite juga bertengger di Billboard Hot 100 dan meraih Berst British Single dalam Brit Awards.

Tahun 2011 Taio Cruz dan Alan Kasiyre menulis lagu Telling The World untuk soundtrack film RIO. 23 Mei 2011 Cruz menerima Billboard Award pertamanya di US dan mengumumkan rencana merilis album livenya di pertengahan 2011. Juni 2011, Cruz merilis single Little Bad Girl yang merupakan hasil kolaborasi dengan  Ludacris dan David Guetta. Little Bad Girl kemudian merajai tangga lagu di seluruh dunia.

Sekitar Oktober 2011, Cruz mengumumkan judul album terbarunya, TY.O. Ia sengaja memilih nama ini sebagai reaksi atas orang-orang yang selalu salah menyebut namanya. Album ini pertama dirilis di Jerman pada 2 Desember 2011 dan akan dirilis di UK pada akhir Desember 2012.

 

DISKOGRAFI
DEPARTURE (2008)
ROKSTARR (2009)
TY.O (2011)

 

Lebih Lengkap