Taking Back Sunday

 

Taking Back Sunday adalah band beraliran rock yang berasal dari Rockville Centre, New York. Band ini dibentuk oleh Eddie Reyes pada tahun 2009 dan kemudian mempunyai formasi lengkap yaitu Matthew Rubano, Fred Mascherino, Antonio Longo, Jesse Lacey, Steven DeJoseph, dan Matthew Fazzi.

Pada saat band ini merekam album mereka yang keenam, personelnya yaitu Jesse Lacey memutuskan untuk hengkang dari band ini hingga kemudian band ini mempunyai formasi terbaru yaitu Adam Lazzara (vokal), John Nolan (gitar, backing vokal), Shaun Cooper (bass), Mark O'Connell (drum), Fred Mascherino (gitar), Matthew Rubano (bass), dan Matthew Fazzi (gitar, backing vokal).

Eddie Reyes yang merupakan pendiri band ini adalah seorang legendaris dalam dunia musik rock Amerika. Ia telah menciptakan band - band hardcore seperti Thursday, Glassjaw, dan Screamo.

 

KARIR

Taking Back Sunday pertama kali terbentuk dengan melalui jalur indie. Lagu - lagu mereka yang direkam secara sederhana langsung meraih sukses. Lagu - lagu seperti Falling For You dan Like Heaven langsung mempopulerkan nama Taking Back Sunday di kalangan pencinta musik indie.

Setelah bergerak dalam jalur indie dan mengeluarkan beberapa mini album, akhirnya band ini resmi melepas full album mereka secara major pada tahun 2002. Album ini langsung mempopulerkan Taking Back Sunday berkat lagu - lagu seperti Cute Without The 'E' (Cut From The Team), Great Romances of The 20th Century, dan You're So Last Summer.

Pada bulan Juli, 2004 band ini kemudian merilis album kedua yaitu WHERE YOU WANT TO BE yang masih berada di bawah bendera major label yang sama dengan album pertama yaitu Victory Records. Walaupun album kedua ini tidak terdengar terlalu hardcore seperti album pertama, namun hits single-nya yaitu Decade Under The Influence langsung menduduki peringkat ketiga dalam tangga lagu Billboard 200.

Bongkar pasang personel yang terjadi sempat membuat Taking Back Sunday mengalami keterlambatan dalam melemparkan album ketiganya. Pada April 2006, akhirnya band ini merilis LOUDER NOW sebagai album ketiganya. Berbeda dengan album pertama dan kedua, di album ketiga ini Taking Back Sunday berada di bawah naungan major label Warner Bros. Taking Back Sunday menamai album ini sebagai Louder Now sebab fans mereka pada saat itu telah bertumbuh dan mempunyai keberanian untuk menyampaikan apapun yang ada dalam pikiran mereka.

Tahun 2011 merupakan tahun dimana album kelima Taking Back Sunday yaitu TAKING BACK SUNDAY diluncurkan. Album ini seakan menjadi ajang reuni bagi para personelnya sebab mereka telah mengalami perjalanan yang berat dalam dunia musik rock yang ditandai dengan adanya bongkar pasang personel dan kevakuman dalam dunia musik yang cukup lama. Album yang diproduseri oleh Eric Valentine (produser kenamaan Amerika yang juga memproduseri Good Charlotte, Slash, dan The All American Rejects) ini merupakan tanda kembalinya John Nolan dan Shaun Cooper dalam Taking Back Sunday.

 

DISKOGRAFI

TELL ALL YOUR FRIENDS (2002)

WHERE YOU WANT TO BE (2004)

LOUDER NOW (2006)

NEW AGAIN (2009)

TAKING BACK SUNDAY (2011)

Lebih Lengkap