Tanta Ginting

Tanta Ginting merupakan seorang aktor film yang memulai karirnya sebagai pemeran teater musikal diantaranya GITA CINTA THE MUSICAL, MUSIKAL LASKAR PELANGI, dan ALI TOPAN THE MUSICAL. Tanta Ginting merupakan anak dari pasangan Simson Ginting dan Murni Tarigan. Dia juga memiliki seorang saudara laki-laki dan perempuan yaitu Syailendra Musi Putra Ginting dan Eva Ginting Pruitt.

 

Sejak kecil, Tanta sudah aktif dan sangat menyukai dunia seni. Ia sangat suka menari dan menyanyi, alat musik yang sering ia mainkan yaitu drum dan gitar. Orangtuanya yang asli Suku Karo sering mengundang para musisi tradisional Karo dari Medan untuk mengisi acara adat Karo di Palembang. Dari sinilah Tanta mulai bereksplorasi dengan musik, ketika para musisi tradisional Karo selalu latihan dan menginap di rumah orang tuanya di Palembang.

 

KARIR
Pada tahun 1994, saat Tanta masih berusia 13 tahun, ia harus ikut keluarganya ke Amerika Serikat. Ini bukanlah hal mudah bagi Tanta yang belum fasih berbahasa Inggris. Karena hal ini, ia merasa terasing di sekolah dan akhirnya menekuni dunia musik.

 

Tanta kemudian bergabung dalam grup musik Fourwall dimana ia sempat merilis sebuah album berjudul LIFETIME di tahun 2007 di Amerika Serikat. Namun, orang tua Tanta tidak mendukungnya sehingga Tanta harus bekerja kembali sebagai electronic engineering di perusahaan.

 

Kali pertama Tanta berkunjung ke Indonesia, ia langsung merasa nyaman. Setahun kemudian, ia pulang kembali dan menyempatkan menonton konser Slank dan Gigi. Ia bertemu dengan personel Slank dan Gigi dan mereka memberikan semangat pada Tanta untuk berkarir di Indonesia. Akhirnya, tahun 2008 Tanta resmi berhenti bekerja di Amerika dan pulang ke Indonesia walau ia ditentang keluarganya.

 

Dari sinilah Tanta mulai bergelut dengan dunia teater. Pada 2009 ia diajak Daniel Mananta untuk menghadiri audisi GITA CINTA THE MUSICAL dan ternyata ia diterima. Sukses berperan dalam GITA CINTA THE MUSICAL, ia mendapat tawaran berperan dalam ALI TOPAN THE MUSICAL dan berlanjut pada MUSIKAL LASKAR PELANGI.

 

Selain aktif di dunia peran, Tanta juga pernah menjadi host program acara TARUNG di Kompas TV. Di sinilah, orang tua Tanta mulai mendukung karirnya di dunia hiburan. Keterlibatan Tanta di dunia film berawal dari Film SOEKARNO dimana ia masuk nominasi Indonesian Movie Awards 2014 sebagai Pendatang Baru Pria Terfavorit.

 

Di tahun 2014, Tanta kembali bermain film NEGERI TANPA TELINGA yang disutradarai oleh Lola Amaria. Dalam film ini ia bermain bersama sederet nama pemeran lainnya seperti Ray Sahetapy, Teuku Rifnu Wikana, Kelly Tandiono, Lukman Sardi, dan Gary Iskak.

 

FILMOGRAFI

Film
2013 THE RAID 2: BERANDAL
2013 SOEKARNO
2014 NEGERI TANPA TELINGA
2015 THE NIGHT COMES FOR US
2015 GURU BANGSA: HOS TJOKROAMINOTO

Sitkom
THE EAST

 

PENGHARGAAN
2014 Pemeran Pembantu Pria Terpuji Festival Film Bandung
2014 Pendatang Baru Pria Terpilih Piala Maya
2014 Nominasi Pendatang Baru Pria Terfavorit pada Indonesian Movie Awards 2014

 

Lebih Lengkap