Terrence Howard

Terrence Dahson Howard atau Terrence Howard adalah seorang aktor dan penyanyi asal Amerika. Howard lahir di Chicago, Illinois pada 11 Maret 1969, dan dibesarkan di Cleveland, Ohio. Howard sendiri adalah putra dari Anita Williams dan Tyrone Howard.

Bakat beraktingnya sendiri sepertinya sudah mendarah daging dalam keluarga Howard, karena neneknya, Minnie Gentry dan ibu serta pamannya adalah aktor dan akrtis panggung.

Dari kedua ayah dan ibunya yang berdarah campuran Afrika Amerika dan Kaukasian, Howard kecil sering mengalami kekerasan rasis. Ayahnya sendiri pernah dipenjara selama 11 bulan karena menusuk pria lain dalam insiden yang disebut sebagai Santa Line Slaying.

Pada umur 18, Howard memutuskan untuk pindah ke New York dan mengejar karir berakting. Hal ini dilakukannya setelah tidak lulus dari sekolahnya di Pratt Institute. Dia dan kakaknya mengikuti audisi untuk THE COSBY SHOW dan mendapat salah satu peran.

Walaupun tidak pernah lulus, namun Howard selalu mengaku bahwa dirinya adalah seorang insinyur. Howard sendiri adalah anggota dari Phi Beta Sigma Fraternity, Inc.

Kehidupan Howard banyak diwarnai dengan berbagai kasus kekerasan yang dilakukannya pada banyak orang, termasuk pemukulan pada istrinya. Howard tinggal di luar kota Philadelphia, Pennsylvania, dengan Lori McCommas, yang dinikahinya selama 14 tahun. Pasangan ini punya 3 orang anak, Aubrey, Heaven dan Hunter.

Namun mereka bercerai pada 2003 dan menikah kembali pada 2005. Howard sendiri pernah dipenjara pada 2001 karena tuntutan berlipat untuk kekerasan dan penguntitan yang dilakukannya pada istrinya.

KARIR
Karir Howard dimulai dari perannya sebagai Jackie Jakson pada serial TV THE JACKSONS: AN AMERICAN DREAM. Sejak ini, beberapa peran dalam serial TV dimainkannya, seperti SPARKS, THE BEST MAN, FAMILY MATTERS, dan beberapa lainnya. Howard juga pernah membintangi video klip Ashanti dan Mary J. Blige. Howard juga pernah memproduseri sebuah film berjudul PRIDE.

Pada tahun 2008, Howard memulai debutnya di Broadway, membintangi CAT ON A HOT TIN ROOF. Karena ini, Howard pernah dituntut sebesar 5 juta dolar karena pemukulan yang dilakukannya pada komposer musik Tex Allen.

Sejak 2008-2009, Howard membintangi banyak film tenar Hollywood, seperti FIGHTING, CRASH, dan banyak lagi.

Howard juga sempat menyanyikan beberapa lagu dalam Hustle and Flow. Lagu yang berjudul It's Hard Out Here For A Pimp memenangkan Academy Award tahun 1978 untuk kategori Best Original Song.

Howard sendiri pernah mengeluarkan album yang berjudul Shine Through It pada 1 September 2008.

FILMOGRAFI
1992: THE JACKSONS: AN AMERICAN DREAM
1993: WHO'S THE MAN?
1995: LOTTOLAND, DEAD PRESIDENTS, MR. HOLLAND'S OPUS
1996: SUNSET PARK, JOHNS
1997: DOUBLE TAP
1998: BUTTER, SPARK, THE PLAYERS CLUB
1999: VALERIE FLAKE, BEST LAID PLANS, THE BEST MAN
2000: BIG MOMMA'S HOUSE, LOVE BEAT THE HELL OUTTA ME
2001: INVESTIGATING SEX, ANGEL EYES, GLITTER
2002: HART'S WAR
2003: LOVE CHRONICLES, BIKER BOYZ
2004: CRASH, RAY
2005: THE SALON, LACKAWANNA BLUES, HUSTLE & FLOW, FOUR BROTHERS, ANIMAL, GET RICH OR DIE TRYING
2006: IDLEWILD
2007: PRIDE, THE HUNTING PARTY, THE BRAVE ONE, AUGUST RUSH, AWAKE, THE PERFECT HOLIDAY
2008: IRON MAN
2009: FIGHTING, THE PRINCESS AND THE FROG, RED TAILS
2010: LITTLE MURDER


DISKOGRAFI
SHINE THROUGH IT (2009)
Lebih Lengkap