Thandie Newton

Thandie Newton adalah seorang aktris berkebangsaan Inggris dengan darah Zimbabwe yang mengalir kental di tubuhnya. Ibunya adalah seorang wanita Zimbabwe bernama Nyasha dan ayahnya bernama Nick Newton. Ia lahir pada tanggal 6 Novemver 1972 pada saat orangtuanya berlibur di Inggris.

Thandie Newton telah menikah dengan seorang penulis, sutradara, dan produser Inggris, Ol Parker pada tahun 1998. Pasangan ini dikaruniai 2 orang anak yaitu Ripley yang lahir pada tahun 2000 dan Nico yang lahir 4 tahun berikutnya.

Sebelum menikah dengan Ol Parker, Thandie menjalin hubungan dengan sutradara John Duigan yang 23 tahun lebih tua darinya. Thandie mengaku bahwa hubungan ini dilakukan atas dasar keterpaksaan.

Dibalik kegelimangan hidupnya sebagai seorang aktris terkenal, wanita penganut agama Budha ini ternyata dulunya merupakan penderita bulimia.


KARIR

Thandie Newton memulai debut akting pertamanya dengan bermain di sebuah film yang berjudul FLIRTING pada tahun 1991. Dalam film ini ia dipasangkan dengan aktris Nicole Kidman yang kemudian menjadi sahabatnya. Kemudian, ia memulai karir internasionalnya dengan berperan di film berjudul JEFFERSON IN PARIS tahun 1998 dimana ia beradu akting dengan Oprah Winfrey dan Danny Glover. Ia juga berperan dalam serangkaian film action seperti MISSION IMPOSSIBLE II dan CHARLIE'S ANGELS.

Antara tahun 2003 dan 2005 ia mengembangkan karir aktingnya ke dunia pertelevisian Amerika dengan berperan sebagai Makemba Likasu di serial televisi ER. Di serial ini ia berperan hingga serial ini berakhir pada tahun 2009.

Berturut - turut sejak saat itu namanya semakin dikenal luas oleh publik internasional. Ia pernah bermain di film THE CHRONICLES OF RIDDICK, CRASH, dan sebagai istri dari Will Smith di THE PURSUIT OF HAPPINESS.

Film terakhir Thandie Newton yang tayang pada tahun 2012 ini adalah GOOD DEEDS. Di film bergenre drama romantis ini ia berperan sebagai Linsey Wakefield, seorang wanita single parent yang hidup dalam kekurangan.

 

FILMOGRAFI

FLIRTING (1991)

THE YOUNG AMERICANS (1993)

BELOVED (1998)

W (2008)

2012 (2009)

FOR COLORED GIRLS (2010)

RETREAT (2011)

GOOD DEEDS (2012)

Lebih Lengkap