The Beach Boys
The Beach Boys dibentuk di California sekitar tahun 1961 oleh 3 bersaudara Brian Wilson, Carl Wilson, dan Dennis Wilson. Mereka lalu mengajak Mike Love dan Al Jardine untuk bergabung dalam grup yang awalnya dinamai The Pendletones ini.

Penampilan mereka saat membawakan lagu pertama mereka Surfin' berhasil menarik perhatian Hite Morgan yang langsung menawari mereka untuk rekaman. Saat album sudah akan dirilis, The Pendletones baru menyadari bahwa nama grup mereka telah diubah menjadi Beach Boys dengan alasan bahwa nama ini akan lebih 'dekat' dengan gaya bermusik surf rock yang lagi naik daun saat itu.

Harmoni vokal dan lirik-lirik mereka yang mencerminkan gaya hidup anak muda California saat itu membuat karir mereka cepat melambung. Kreativitas Brian Wilson yang menjadi motor grup ini membuat Beach Boys menjadi grup yang banyak mendapat pujian kritikus musik dan juga menjadi inspirasi dari grup-grup setelah mereka.

Grup yang sering disebut sebagai band-nya Amerika ini berhasil memasukkan 36 hits mereka dalam U.S Top 40. Ini artinya Beach Boys adalah grup rock Amerika yang paling banyak memasukkan hits mereka ke U.S Top 40. Belum lagi 56 hits mereka yang masuk Hot 100. Bahkan menurut majalah Billboard, Beach boys adalah grup yang albumnya terjual paling banyak selama ini.

Selama 34 tahun masa aktif mereka saja mereka sudah melepas tak kurang dari 28 studio album dengan album terakhir mereka STARS AND STRIPES VOL 1 yang dilepas tahun 1996 lalu. Terakhir Beach Boys tercatat digawangi oleh Al Jardine, Bruce Johnston, Mike Love, dan Brian Wilson.
Lebih Lengkap