The Corrs


The Corrs merupakan band asal Irlandia yang paling terkenal. The Corrs yang mulai dibentuk pada tahun 1990 ini adalah wujud kekompakan Corr bersaudara dalam bermusik. Mereka adalah Andrea Corr (lead vocals, tin whistle), Sharon Corr (violin, vocals), Caroline Corr(drums, piano, vocals), dan terakhir adalah Jim Corr (guitar, piano, dan vocals). Jim merupakan satu - satunya pria dalam band ini.


Orang tua Corr bersaudara adalah Gerry Corr dan Jean Corr yang juga seorang penyanyi dan tergabung dalam sebuah grup bernama Sound Affair. Jean Corr kemudian meninggal saat The Corrs sedang memproduksi album ketiga mereka.


The Corrs terakhir aktif bermain musik pada tahun 2006 dan hingga sekarang mereka masih dalam fase kevakuman dari dunia musik.


KARIR
Sejarah karir bermusik The Corrs dimulai pada saat Jim dan Sharon mulai aktif bermain musik di pub milik bibi mereka yaitu McManus's Pub. Mereka kemudian mengajak Andrea dan Caroline untuk ikut bergabung dan tak lama kemudian terbentuklah band ini.


Sekitar tahun 1994, seorang pemilik label musik yang bernama Jason Flom memperkenalkan mereka kepada David Foster, produser yang sukses mengorbitkan penyanyi terkenal seperti Celine Dion dan Charice. Foster lah yang membuka gerbang kesuksesan The Corrs dalam bermusik serta memperkenalkan The Corrs pada publik Amerika.


Tahun 1995, album pertama The Corrs yaitu FORGIVEN, NOT FORGOTTEN resmi dirilis. Album ini langsung dengan cepat meraih sukses di seluruh penjuru dunia dan bahkan mendapatkan ganjaran penghargaan platinum di Inggris dan Australia.


Kesuksesan ini kembali terulang saat The Corrs merilis album kedua yaitu TALK ON CORNERS tahun 1997. Di album ini The Corrs berkolaborasi dengan penyanyi Alanis Morisette. Selain itu, lagu berjudul What Can I Do yang terdapat dalam album ini juga menduduki peringkat ketiga dalam berbagai tangga lagu baik di Irlandia maupun di Australia.


Selain sibuk dalam memproduksi album dan menggelar tur konser, The Corrs pun terkenal sebagai band filantropi yang selalu terlibat dalam kegiatan amal sosial. Mereka pernah tampil dalam acara bernama Pavarotti and Friends for the Children of Liberia Charity Concert yang ditujukan untuk menggalang dana guna membangung sebuah rumah panti asuhan bagi anak - anak korban perang dunia di Liberia. The Corrs juga diberi kesempatan sebagai duta dari Nelson Mandela's 46664, sebuah organisasi sosial yang peduli tentang masalah HIV AIDS di Afrika.


Saat ini The Corrs memutuskan untuk vakum dari dunia musik sejak tahun 2006 sebab ketiga personelnya yaitu Jim, Caroline, dan Sharon tengah berkonsentrasi untuk mengurus keluarga mereka masing - masing. Sedangkan Andrea tetap melanjutkan karirnya secara solo dan telah merilis 2 album yaitu TEN FEET HIGH (2007) dan LIFELINESS (2011).


DISKOGRAFI
FORGIVEN, NOT FORGOTTEN (1995)
TALK ON CORNERS (1997)
IN BLUE (2000)
BORROWED HEAVEN (2004)
HOME (2005)

Lebih Lengkap