The Cranberries
The Cranberries dibentuk di Limerick, Irlandia tahun 1990 oleh 2 bersaudara Noel dan Mike Hogan bersama Fergal Lawler. Dolores O'Riordan berhasil lolos audisi sebagai vokalis setelah vokalis pertama band ini mengundurkan diri.

Album pertama mereka EVERYBODY ELSE IS DOING IT, SO WHY CAN'T WE? dirilis tahun 1993 diikuti promo tour yang kemudian membuka jalan buat mereka. Saat dalam tour itulah, MTV tertarik dengan single mereka dan kemudian menayangkan video clip mereka.

Namun baru album ke-2 mereka NO NEED TO ARGUE lah yang kemudian memetik hasilnya. Album yang berisi single Zombie dan Ode to My Family ini berhasil meraih triple platinum hanya dalam waktu 1 tahun. Album ini adalah album The Cranberries yang tertinggi angka penjualannya. NO NEED TO ARGUE tercatat terjual hampir 17 juta kopi di seluruh dunia dan meraih 7 platinum.

The Cranberries telah melepas 6 studio album dengan WAKE UP AND SMELL THE COFFEE sebagai album terakhir yang mereka rilis 2001 kemarin. Tahun 2003 kemarin, The Cranberries memutuskan untuk vakum untuk sementara waktu karena para personelnya yang masih disibukkan oleh solo karir mereka masing-masing. Rencananya The Cranberries akan segera merilis satu album lagi tahun 2008 ini.
Lebih Lengkap