The Dillinger Escape Plan


Amerika telah banyak menghasilkan band - band metal hardcore, salah satunya adalah The Dillinger Escape Plan. Band yang terbentuk dari tahun 1997 ini terkenal dengan musik mathcore yang diusungnya.


The Dillinger Escape Plan sebenarnya merupakan pecahan dari band bernama Arcane. Para personel ex Arcane yaitu Ben Weinman, Dimitri Minakakis, dan Chris Pennie lah yang membidani lahirnya band ini.

Namun seiring berjalannya waktu dan sebegitu seringnya terjadi bongkar pasang personel, akhirnya band ini mempunyai personel tetap yaitu Ben Weinman (gitaris), Liam Wilson (bassis), Greg Puciato (vokalis), Jeff Tuttle (gitaris), dan Billy Rymer (drummer).


Nama The Dillinger Escape Plan diambil dari salah seorang perampok bank terkenal yaitu John Dilinger. John Dilinger juga terkenal akan kepintarannya untuk kabur dari penjara.


KARIR
Di bawah trio pecahan Arcane yaitu Weinman, Minakakis, dan Pennie band ini memulai debut pertama mereka dalam bermusik.  Segera setelah menggandeng beberapa personel baru seperti Adam Doll, Craig McKeown, dan John Fulton mereka merilis 3 buah mini album secara indie. Mini album inilah yang kemudian membuat mereka berani untuk merilis sebuah full album secara major.


Debut album pertama mereka yaitu CALCULATING INFINITY dirilis tahun 1999. Album pertama ini kemudian disusul dengan kemunculan album kedua yaitu MISS MACHINE tahun 2004. Jarak kemunculan album yang lama antara album pertama dan kedua ini terutama disebabkan oleh begitu seringnya band ini mengganti personel mereka.


Tiga tahun kemudian, The Dillinger Escape Plan meluncurkan album ketiga yaitu IRE WORKS (2007). Lagu andalannya yaitu Milk Lizard ditampilkan dalam drama investigasi terkenal yaitu CSI:NY .


Terakhir, band ini mengeluarkan album keempat mereka yaitu OPTION PARALYSIS yang diproduksi di bawah label pribadi milik pentolan band ini yaitu Ben Weinman. Genre rock masih setia dibawakan band ini dalam setiap tur konser mereka.


DISKOGRAFI
CALCULATING INFINITY (1999)
MISS MACHINE (2004)
IRE WORKS (2007)
OPTION PARALYSIS (2010)

Lebih Lengkap