The Flaming Lips


The Flaming Lips merupakan band rock yang terbentuk di kota Oklahoma pada tahun 1983. Merupakan band yang terkenal dengan genre space rock, dan sering menggunakan nama yang tak biasa pada judul album mereka. Pertunjukan yang mereka lakukan selalu tidak biasa dengan menggunakan aksesori seperti balon, boneka, proyeksi video, dan sebagainya. Diawali oleh Wayne Coyne, Mark Coyne, dan Michael Ivins mereka bentuk grup ini. Mereka punya ciri khas sebagai kelompok musik yang menggunakan tema sains fiksi dalam setiap lagu dan pertunjukannya. Dari tangan mereka, lahirlah sebuah aliran musik baru yakni Neo-psychedelia. Besarnya pengaruh budaya psychedelic mempengaruhi gaya bermusik mereka sejak awal pembentukan terutama pada instrumentasi, efek, dan komposisi lagu. Lewat usaha Wayne Coyne sebagai motor utama, band ini tetap bertahan sampai sekarang Walaupun sering terjadi pergantian personel. Q Magazine menyebut Flaming Lips sebagai salah satu dari lima puluh band yang harus ditonton selama masih hidup.

KARIR
Pada tahun 1983, mereka mengawali langkah profesional sebagai band di Oklahoma City Blue Note Lounge. Pada tahun selanjutnya, Richard English resmi bergabung sebagai drummer setelah sebelumnya mengalami beberapa kali bongkar pasang pada posisi tersebut. Mark akhirnya keluar ketika album pertama mereka HEAR IT IS rilis. Dua album kembali mereka luncurkan pada 1987 dan 1989, bertajuk OH MY GAWD!!! dan TELEPATHIC SURGERY. Baru pada tahun 1990, perusahaan rekaman terkenal, Warner Bros Records mulai melirik karya mereka.
Bersama Warner Bros, HIT TO DEATH IN THE FUTURE HEAD TO CLOUDS TASTE METALLIC dan TRANSMISSIONS FROM THE SATELLITE HEART dirilis. Flaming Lips semakin dikenal setelah tampil di beberapa acara seperti BEVERLY HILLS 90210 dan LATE SHOW WITH DAVID LETTERMAN, bahkan menjadi opening act untuk Red Hot Chilli Peppers.

Sampai pada album ZAIREEKA, taste bermusik band ini belum berubah. Baru pada album SOFT BULLETIN, mereka membuat gebrakan baru. Unsur orkestra mulai dimasukkan pada komposisi, dan hal ini juga yang membuat aksi panggung mereka lebih berwarna. Proyeksi video, tata lampu panggung mulai dimainkan oleh Coyne dan kawan-kawan sehingga para penonton mendapatkan pengalaman menonton konser yang tak biasa. Tren positif itu mereka lanjutkan sampai pada perilisan album YOSHIMI BATTLES THE PINK ROBOTS, di mana unsur musik elektronik lebih banyak dimasukkan. Album ini mendapat penghargaan Grammy dalam nominasi Best Rock Instrumental Performance pada tahun 2003. Di tahun 2004, Flaming Lips didapuk untuk mengisi soundtrack film kartun populer, SPONGEBOB SQUAREPANTS, pada tahun ini pula mereka menjadi headline pada Lollapalloza bersama Sonic Youth. Membuat materi lagu untuk soundtrack kembali didapatkan grup yang juga hobi meracik lagu instrumental ini. Track untuk video game STUBBS THE ZOMBIE dan film WEDDING CRASHERS mereka kerjakan dan mendapat apresiasi positif.

Tahun berikutnya yaitu tahun 2006, penghargaan yang sama di Grammy Awards kembali didapatkan sesaat sebelum album AT WAR WITH THE MYSTICS diluncurkan. Tur pun mereka lakukan sepanjang tahun ini di Texas, New York, bahkan sampai ke Inggris. Di akhir tahun, kota Oklahoma menganugerahi Flaming Lips dengan menjadikan nama grup mereka sebagai salah satu jalan di satu distrik di kota tersebut. Tak hanya berkarya dalam musik, sebuah film independen pernah diprakarsai oleh Wayne Coyne. Film berjudul CHRISTMAS ON MARS yang disutradarai sendiri oleh Coyne ini ditayangkan pada 25 Mei 2008. Album EMBRYONIC dan THE FLAMING LIPS AND STARDEATH AND WHITE DWARFS mereka selesaikan berturut-turut pada 2009 dan 2010.

Kontrak dengan Warner Bros pun berakhir pada tahun 2011, dan ini mengharuskan mereka untuk kembali mengurus kontrak baru untuk album yang tengah mereka kerjakan. THE FLAMING LIPS AND HEADY FWENDS menjadi album studio yang selanjutnya. Kolaborasi dengan artis lain mulai dilakukan pada album ini seperti Kesha dan Erykah Badu, agar kembali membawa hal baru pada komposisi mereka. Flaming Lips sendiri pernah memecahkan rekor Guinness World Record atas konser yang mereka lakukan selama 24 jam mulai 27 Juni sampai 28 Juni 2012.

THE TERROR menjadi komposisi andalan selanjutnya. Album ini cukup menuai kritik karena dianggap kurang mencerminkan musik Flaming Lips. Dibandingkan dengan album-album sebelumnya, kali ini lagu-lagu mereka terasa tidak biasa, apalagi dengan tema seperti depresi dan kegelisahan. Sang Frontman membenarkan hal tersebut, bahwa tema seperti itu yang menjadi inspirasi tembang-tembang mereka pada penggarapan THE TERROR.

DISKOGRAFI

ALBUM
*1986: HEAR IT IS
*1987: OH MY GAWD!!!...THE FLAMING LIPS
*1989: TELEPATHIC SURGERY
*1990: IN A PRIEST DRIVEN AMBULANCE (WITH SILVER SUNSHINE STARES)
*1992: HIT TO DEATH IN THE FUTURE HEAD
*1993: TRANSMISSIONS FROM THE SATELLITE HEART
*1995: CLOUDS TASTE METALLIC
*1997: ZAIREEKA
*1999: THE SOFT BULLETIN
*2002: YOSHIMI BATTLES THE PINK ROBOTS
*2006: AT WAR WITH THE MYSTICS
*2008: ONCE BEYOND HOPELESSNESS
*2009: EMBRYONIC
*2009: THE FLAMING LIPS AND STARDEATH AND WHITE DWARFS
*2012: THE FLAMING LIPS AND HEADY FWENDS
*2013: THE TERROR
*2014: WITH A LITTLE HELP FROM MY FWENDS

KOMPILASI
*1998: A COLLECTION OF SONGS REPRESENTING AN ENTHUSIASM FOR RECORDING
*2002: FINALLY THE PUNK ROCKERS ARE TAKING ACID
*2002: SHAMBOLIC EARTH AND EARLY LIFE OF
*2002: THE DAY THEY SHOT A HOLE IN THE JESUS EGG
*2005: LATE NIGHT TALES: THE FLAMING LIPS
*2006: 20 YEARS OF WEIRD: FLAMING LIPS 1986-2006
*2007: ITUNES ORIGINAL-THE FLAMING LIPS
*2011: HEADY NUGGS: THE FIRST FIVE WARNER BROS RECORDS
*2011: THE SOFT BULLETIN LIVE LA FANTASTIQUE DE INSTITUTION
*2011: ATLAS EETS CHRISTMAS-INFINITE CHRISTMAS SOUNDS

MINI ALBUM
*1984: THE FLAMING LIPS
*1990: UNCONSCIOUSY SCREAMIN'
*1991: YEAH, I KNOW ITS A DRAG...BUT WASTIN PIG IS STILL RADICAL
*1994: DUE TO HIGH EXPECTATION..THE FLAMING LIPS ARE PROVIDING NEEDLES FOR YOUR BALLOONS
*2001: THE SOUTHERN OKLAHOMA COSMIC TRIGGER CONTEST
*2003: FIGHT TEST
*2003: EGO TRIPPING AT THE GATES OF HELL
*2005: YOSHIMI WINS! (LIVE RADIO SESSIONS)
*2006: IT OVERTAKES ME
*2011: THE FLAMING LIPS 2011 #1-#11
*2013: PEACE SWORDS

 

Lebih Lengkap